Laporan Survey Jomblo Nasional 2012

Berkat darah, doa, dan keringat seluruh kaum jomblo se-Indonesia, akhirnya usailah Survey Jomblo Nasional 2012 yang dilakukan selama periode 15 Juni malam, sampai penghitungan data pilihan ganda yang diambil 17 Juni malam. Untuk hasil “open-ended”, masih dipilih sampai hari input hari Senin. Jujur, gw kagum sama antusiasme para jomblowan dan wati Indonesia. Sampai saat postingan ini ditulis, tercatat 3,316 survey yang dimulai dibuka, dan yang selesai 2,373 survey. Mengapa hanya 72% yang benar-benar “menyelesaikan” survey ini akan saya jelaskan nanti. Bagaimanapun, mengumpulkan survey komplit sebanyak 2,373 dalam rentang waktu kurang dari seminggu adalah prestasi yang lumayan. Dan ini mengalahkan Survey Newsplatter yang pertama.

Karena teman2 tentunya sudah tidak sabar menantikan hasilnya, mari saya mulai saja, berurutan sesuai pertanyaan.

Survey dibuka dengan pertanyaan dasar: Apakah kamu jomblo?

klik untuk memperbesar

Luar biasanya, 18.7 persen mengaku bukan jomblo, 8.5% gak yakin dan perlu menanyakan pacarnya dulu. Bagi yang menjawab “jomblo”, kita coba pastikan sekali lagi: Yakin kamu jomblo?

klik untuk memperbesar

Ternyata 10.3% dari yang tadi menjawab jomblo mengaku bohong sodara-sodaraaaaa!! Bagaimana moral bangsa ini coba? Untuk mereka yang langsung menjawab “tidak jomblo” pun, masih diberi kesempatan sekali lagi untuk merubah pikiran. Yakin kamu tidak jomblo?

Dan 78% dari yang tadi bilang kalo mereka gak jomblo tetap bersikeras bahwa mereka bukan jomblo, sementara 22% berubah pikiran, mengaku jomblo. Lah, kenapa tadi ngaku gak jomblo coba? Malu?? Anyway, mereka yang mengaku tidak jomblo, akan diarahkan ke screen berikut:

“Terus elu ngapain ikut survey ini nyet? Buta hurup loe ya? Judulnya aja SURVEY JOMBLO NASIONAL. Yang bisa ikut ya yang jomblo! Dst…”

Dan sesudah screen ini, praktis mereka ditendang keluar dari survey, dan tidak akan bisa balik lagi. (Kecuali ganti browser atau komputer)

Mau tahu berapa responden yang terlempar ke halaman ini? 838 saja kakaaaak!! Segitu banyaknya kaum tidak jomblo yang berusaha mengambil hak kaum jomblo. Malu….maluuuu…. THER-LA-LUUU…..! Jadi ngerti kan sekarang alasan perbedaan antara jumlah survey yang dimulai dan jumlah survey yang diselesaikan. Lanjut…

Sudah berapa lamakah kamu menjadi jomblo?

klik untuk memperbesar

Mengejutkan sekali bahwa 40.4% responden mengaku sudah menjomblo lebih dari 3 tahun. Ini SUNGGUH MEMPRIHATINKAN dan perlu mendapat perhatian serius SBY. Bayangkan, 4 dari 10 jomblo telah menekuni kehidupan ini sendirian selama lebih dari 3 tahun, suatu gambar pedih realita asmara bangsa ini…. (okay, gw mulai lebay)

Siapa yang bertanggung-jawab atas kejombloan kamu?

klik untuk memperbesar

Sekitar 21% mengaku belum pernah pacaran. 36% mengaku mereka lah yang mengakhiri hubungan, dan 24% adalah “korban pemutusan”. 8.2% mengaku putus karena ancaman teror preman/wakil rakyat yang juga naksir mantan mereka.

Bagi yang pernah pacaran, bagaimanakah pemutusan terjadi?

Gw kaget melihat cara terbanyak memutuskan (29.7%) adalah melalui SMS/BBM/program chatting lainnya. Luar biasa, gw pikir. Apakah ini potret generasi muda sekarang yang mengandalkantext message, bahkan untuk mutusin pacar? Kayaknya generasi gw masih merasa perlu ketemuan deh. 17.5% menggunakan telepon untuk memutuskan, hanya 14.4% yang ngomong baik2 di ruang tamu, sementara 4.4% mengandalkan ajudan bokap yang sangar dan Ambon. 18.9% mengisi di “Others”, yang kebanyakan didominasi “makan di cafe/restoran”. Beberapa jawaban dari open-ended:

  • Kita ngobrol baik2 di dalem mobil, kebetulan naik mobil gw, jadi kalo dia marah, tinggal gw turunin aja di jalan (sadis nih – dan ini cewek pula)
  • Ditengah malam bulan purnama, sambil makan bakso. Alhasil keselek deh tuh doi :p (Ini juga sadis, gimana kalo dia mati keselek?)
  •  sesi pertama sms, abis itu eksekusi terakhir d teras kosan orang (bagus, ada planning dan tahapan, cocok kerja di marketing kamu)
  • cari gara2 yg bikin dia sebel. Krn kalo ngomong bae2 percuma (kadang2 karyawan kantor juga melakukan taktik yang sama sih biar dipecat dan dapet pesangon….)
  •  ternyata bahkan sejak sebelum tunangan pun dia udah selingkuh. Jadi yaaaa, kudu duduk bareng semua keluarga besar. Semua berakhir.
  • di atas menara..di kantor gue…subuh! masih jelas banget memorinya..HAHA (dan elu ABIS NGAPAIN subuh2 di kantor??)
  • prosesnya di cafe lagi dinner romantis gituh tiba2 negara api menyerang dan cewe gua di ambil paksa dan disuruh putus deh (siapa nih yg ngehek nulis kayak gini?)
  • mergokin di kost selingkuhannya (BAJINGAN!! *kamera zoom in, zoom out)
  • Yaaa gak pake kata putus gitu deeeh, tiba-tiba ngejauh gitu. Eh bbrp bulan kemudian si dia udah punya pacar baru *JLEB*
  • via wartel jaman dulu (buset, udah lama banget dong elu jomblo?)
  • gue kesel banget karena mantan gue itu songong abis ngondek pula, pas di kelas gue bilang, “kamu siap2 putus ya.” (Lah, kalo elu gak suka pacar ngondek, kenapa dipacarin juga nyet?)
  • makan bedua di rumah makan, gw pas itu nungguin dia sambil kerjain soal latian buat UN. Eh dia dateng, kita ngomong baik-baik, gw diputusin, terus dia bayarin makan gw. setidaknya biar putus tetep makan dibayarin #okesip
  • tetiba tu cowo menghilang ajah gitu… *nangiskejer* 😥 (SEMUA PRIA BAJINGAN!)
  • Pertamanya ngajak janjian makan, ngobrolnya pake rada2 emosi, trus pake nangis2, trus gw putusin deh dan gw blg gak usah maen ke rmh gw lagi (sambil ngeloyor pergi, jatah bayarin makan biar dya aja)
  • Drama di sebuah restoran di Setiabudi 21 (Emang di Setiabudi 21 ada pilihan restoran?? #lospokus)
  • Dia lagi kepergok di mobil sama cowok lain dan gue juga sama cowok lain. Lalu kita berantem (Speechless…)
  • ketika itu gw tiba2 tersadar aja gitu #gajelasgituhhahaha (Pengaruh alkoholnya habis ya?)
  • dafuuq tiba2 doi g bs dihubungi smacam menghilang bersama elizabeth shaw (APA SIH BAWA2 PROMETHEUS??!!)
  • saat dia bilang mau menguasai galaksi..saat itu pula gw sadar hubungan ini telah berakhir. kemudian benda aneh bercahaya membawa dia pergi entah kemana.. (Gw tebak elu ngisi ini sambil nyimeng dan baca Partikel…)
  • Kita di restoran, gw bawain hadiah monthversary-an. Never thought it will be my last gift.. (sedih…)
  • Suatu hari, ada alien datang untuk mencuri coklat di atas ladang gandum, saat aku tidak sengaja bertemu mereka, mereka salah ambil. sehingga terpaksa hubungan kami putus (……)
  • Prosesnya cukup rumit tapi gak serumit prosesi pernikahan Anaknya SBY, dia (mantan) ternyata hobi stalker twitter gue akhirnya ketahuan deh kalau gue selingkuh tapi gue yg mutusin duluan kok. hahay (bego loe main Twitternya gak cantik)
  • jam 3 pagi, lewat sms, terus telpon bentar, terus saya tidur sebentar, bangun lg jam 5 pagi buat belajar Sejarah Pemikiran Modern yg uas jam 8 paginya. uas saya dpt B+ deh jadinya :,( (ini curhat apa nyombong kalo elu pinter banget ya….)
  • dikacangin, ditinggalin, diputusin, dilupain (Elu kayak kampanye uang palsu aja, 4D)
  • perantara temen…parah yehhh?
  • diajak nonton trus makan malam romantis trus dikasih deh surat pink yg hanya boleh dibaca dirumah
  • gw jomblo dari lahir, kenapa ha? SENENG? (EH BIASA DONG! ANAK SEVEL MANA LOE?)
  • SUMPAH GW GA TAU APA APA, tau-tau dia uda unfollow gue, nge block gue, hapus status In A Relationship ama gue di fesbuk, ngomong ama gue pake no mensyen. GUE SALAH APAH? HAH? SALAH APAAAAH? (Mungkin elu jarang mandi)

Seberapa hancur kamu saat diputusin?

klik untuk memperbesar

Hasilnya cukup merata di semua pilihan. 24.3% mengaku malah senang karena putus. 21.5% mengaku sedikit sedih, tetapi dibantu lagu2 Adele. 17.3% mengaku sangat hancur dan mau pindah ke dunia entertain….

Kalo ditanya apa pendapat mereka mengenai kejombloan mereka :

klik untuk memperbesar

37% merasa ini keadaan yang terbaik untuk semua (ah, sok bijak kalian yg ngisi ini!), 13.8% merasa mereka adalah korban dan merasa tidak berdosa. 19.7% menghadapi dengan tabah sambil memetik gitar. 20.6% sama sekali tidak perduli untuk merenung.

Sebagai jomblo, apa rencana kamu saat ini?

Ternyata hampir 6% masih berharap balikan. Mayoritas 56.1% menyatakan “politik bebas aktif”. Jadi menjalani hidup bebas saja, tidak terbeban mencari pacar, tapi mata tetep aktif kalo ada calon korban. Hanya 5.9% yang menyatakan desperate banget dapetin pacar, kalo perlu pake cara2 abnormal sampai paranormal….

Kira-kira menurut perkiraan kamu, berapa lama lagi kamu akan menjomblo?

klik untuk memperbesar

Mayoritas 57.7% merasa itu adalah rahasia Ilahi yang tidak boleh diketahui manusia. Sebaliknya, 7.8% merasa besok pun mereka bisa jadian kalo perlu, karena yang ngantri udah banyak. Gokil! Pede banget! Cakep2 banget kali yak yang ngisi ini?

Apakah weekend/malam Minggu adalah sesuatu yang menakutkan bagi kamu?

klik untuk memperbesar

42.8% merasa biasa saja, gak takut dan gak seneng juga. 22.1% malah ngotot mengaku kalo mereka hepi banget saat weekend, karena bebas ngeceng, jalan2, gak terkekang ada yang nyariin. Hanya minoritas 4.2% yang mengaku resah, demam, sampai trombosit turun menjelang weekend.

Apa yang biasa kamu lakukan saat weekend?

klik untuk memperbesar

Aktivitas jomblo paling dominan adalah baca buku, denger musik, dan aktivitas2 standar jomblo lainnya (62.7%), diikuti Fesbukan dan Twitteran (42.6%), dan download film/lagu secara ilegal (35.8%). Lain2nya cukup bervariasi: ada yang berusaha menggulingkan pemerintahan yang sah, sampai mencari kesalahan Einstein. Dari jawaban open-ended. beberapa jawaban:

  • making bracelet, necklace, etc (bagus ini, contoh Jomblo UKM – Usaha Kecil Menengah)
  • Nangis sambil ngeliatin hujan, sambil pasang album The Godfather Soundtrack biar epic. (apa epicnya coba Godfather?? The Gladiator kek)
  •  mendadak jadi semangat kalau ada kerjaan (event) roadshow setiap wiken! Woohooo! Taiklah ya. (anak PR loe ya?)
  • jalan ama pacar orang…HAHHAHA..#ouppss :p
  • mengumpulkan teman2 yang juga STMJ (semester tujuh masih jomblo) dan memikirkan rencana gerilya agar tidak STMJ (sampai tamat masih jomblo)(lawas amat neh singkatan, dari jaman gw kuliah udah ada….)
  • latian nembak mantan *pasang foto mantan, siapin busur panah*, stalkerin socmed terus end up nangis kejer ternyata dia bahagia dan gw di-mute!!!!!! (wakakakaka! Eh maap…)
  • mikirin gmn caranya partai PELUK bisa sukses di pemilu berikutnya (carmuk banget loe sama gw…)
  • rajin sms/bbm sesama jomblo, ya siapa tau ada yang nyangkut
  • ke kape ngopi2 cantik sama temen2 jomblowati lainnya
  • sebenarnya sampe skrg msh berhubungan sama mantan :/ damn right? jadi ya tiap malming makan malam sama dia kemana gitu..please help me how to get rid of him?! (Udah coba pake jasa FPI?)
  • makan enak sendiri, enjoying nonton sendiri, shopping sendiri (apalagi kalo lg dpt bonus), I know u might think those things are sucks, but I really love being single and being just my self (#okesip)
  • stalking om Piring 😉
  • main sama bruno, anjing jantan saya, satu2nya sosok bertestoteron selain ayah saya yg mencintai saya dgn tulus saat ini
  • mantengin TL @newsplatter! plis deh oom, lo pasti tau x)) (Kagak, gw gak tau. Elu siapa???)
  • I read newsplatter’s tweets. Trust me, it works! (LOE KATE GW SUPLEMEN SIX-PACKS?)
  • pura pura lupa kalo saat itu lagi malam minggu *aku siapa… aku dimana… ini tahun berapa…* (kayak Terminator gitu ya? Si John Connor…)
  • tidur sampe senin (mohon hati2 pake narkoba)

Bagaimana sikap keluarga terhadap kejombloan kamu?

klik untuk memperbesar

Ternyata hampir separuh mengaku bahwa keluarga cuek2 saja, walaupun 29.5% mengaku keluarga cukup khawatir. 11.9% mengaku keluarga malah senang mereka jomblo karena bisa diperbudak.

Apakah ada hal-hal yang kamu lakukan untuk meninggalkan kejombloan?

klik untuk memperbesar

Menurut gw temuan pertanyaan ini menarik. 31.8% merasa tidak perlu melakukan hal2 khusus untuk menjadi tidak jomblo, santai saja. 28.9% juga tidak berusaha, tapi karena percaya kejombloan adalah urusan Tuhan, biarkan Tuhan saja yang bertindak. 39.3% yang merasa bahwa mereka yang harus berbuat sesuatu untuk meninggalkan kejombloan ini.

Di antara mereka yang mengklaim berbuat sesuatu,usaha-usaha apakah yang dilakukan untuk mempermudah hilangnya status jomblo?

klik untuk memperbesar

Menarik. Jawaban terbesar 59.8% adalah “memperbaiki perbaikan fisik”. Ini artinya kejombloan masih sering dikaitkan dengan faktor fisik. Jadi emang masih berlaku tuh ungkapan “dari mata turun ke dompet, eh, hati”. Yang juga besar adalah beribadah/berdoa, menambah wawasan agar terlihat pintar, dan mengubah kepribadian agar lebih menarik (sering tertawa sendiri, misalnya). Dari jawaban2 open-ended, inilah usaha2 lain yang juga dilakukan untuk meninggalkan kejombloan:

  • membangun networking…perbanyak cabang 😀 *MLM maniac* (gw udah punya mimpi!)
  • latihan ngegoda orang melalui lirikan mata dengan menggunakan jurus “ajian mata cinta monyet abg” (ya ya gue tau nama ajiannya kura keyce tapi yakinlah jurus ini telah memakan korban! bahkan guru eles gue sendiri! hahaha)
  • ..belajar berbagai bahasa, salah satunya Korea, supaya komunikasi sama G Dragon aktif dan lancar *astagfirullah khayalan babu lgi*
  • sama berlatih ekspresi lugu…konon pria suka wanita lugu mwehehehe… (Jessica Iskandar FTW!!)
  • DIET! jaman sekarang,cowo demennya cewe tipis2 om..BERATTT
  • nyamber nge-RT akun2 twit cewek kece
  • gaul dong om, banyak2 cari kenalan, prospek klien yg paling tajir kali2 ada anak seumuran.,, :p
  • Nabung buat beli rumah dan mobil. Pria mapan gampang dapat pacar. (#TujuanLoApa)

Apakah harapan kamu dari pacar baru?

Bagaimanakah kira2 kamu akan bertemu pacar barumu?

Dua sumber pacar baru potensial adalah: teman sendiri (53.9%), atau orang baru yang dikenalin teman (59.9%). Sebesar 18.1% meletakkan harapan pada Twitter! 7.7% masih menggantungkan mimpi merebut mantan. MARI BUNG, REBUT KEMBALIIIIII!! (dengan nada Halo-Halo Bandung)

Dari jawaban2 open-ended:

  • orang baru, ketemu dijalan, ga sengaja nyenggol, jatohin kertas, barengan mungut, tukeran akun nomor hp/fb/twitter. film bgt deh pokonya. (kecuali yang elu senggol aparat…bisa panjang urusannya)
  • Dia putus sama pacarnya, terus jadian sama gue! #PacarOrangMemangSelaluLebihHijau *teuteup* (Yang lebih hijau dari Hulk? Yang lebih mahal…banyak)
  • kalo bisa ketemuan langsung sama Henry atau Ferry (‏ @_FredFerry) kalian jomblo berkualitas, carikan saya pacar yg seperti kalian! (Hmm…coba kenali dulu Ferry lebih dalam…)
  • Gua terbuka dengan hubungan dengan dunia astral sebenernya.
  • anggota Jakarta Lawyers Club (Eh, nonton ILC terakhir gak? Kulitnya Ruhut kok bisa mulus gitu ya?)
  • tau2 ada didepan rumah, bilang “akulah jodohmu” sambil naik kuda putih, bawa gitar,,, aaaaaaakk,, ternyata Rhoma! ah Rhoma, betapa Rika merindukanmu… (…….)
  • Temen kost, secara gw tinggal di kostan campur. *ohok!!* (seh-daap. Dulu gw ngekos campur juga kok. Asik yah?)
  • gak tau juga, bisa aja di jalan saat gue lagi olahraga pagi atau mungkin malah tetangga gue sendiri (eh jangan kata nenek gue kalau bisa jangan pacaran sama tetangga sendiri) *nenek gue kayaknya trauma* tapi semoga saja gak seperti Om Piring yang sampai 30th tetep jomblo kalau kata survey kemaren om itu a happy jomblo gay ya Om? hahahaha (……)
  • mIRC!!! (pantes elu jomblo…)

PROFIL RESPONDEN

klik untuk memperbesar

Tidak jauh berbeda dari Survey Newsplatter sebelumnya, wanita masih mendominasi survey ini, sebesar 60% lebih. (Ada 6.2% yang ragu2 ditanya jenis kelaminnya).

klik untuk memperbesar

Survey ini didominasi oleh mereka yang berusia 18-25 tahun (masih kinyis-kinyis, aw aw) sebesar 59%, dan 26-35 tahun (mulai deg2an kok masih jomblo juga) sebesar 31.7%. Eh, tapi ada yang udah lewat 45 tahun statusnya masih jomblo kok.

klik untuk memperbesar

Profesi terbesar didominasi oleh mahasiswa dan karyawan swasta. Ada 7.5% yang mengklaim sebagai tukang gorengan di siang hari dan superhero di malam hari. Kita harus salut pada 1.4% yang jujur mengaku berprofesi sebagai koruptor.

 

Soal orientasi seksual, 76.8% mengaku sebagai heteroseksual. Sementara homoseksual dan biseksual digabung menjadi hampir 8%. GeorgeClooneyseksual masih mengalahkan BradPittseksual, walaupun tipis (HORE PRIA UBANAN MASIH ADA HARAPAN). Ternyata ada 2.8% yang Pejabatseksual, yang hanya napsu sama pejabat (pemerintah, partai, ataupun DPR).

 

Analisa Tabulasi Silang

Dengan analisa tabulasi silang, kita bisa melihat perbedaan antara responden jomblo pria dan jomblo wanita.

klik untuk memperbesar

Soal aktivitas weekend, wanita lebih banyak membaca buku dan mendengarkan musik, sementara pria lebih banyak main game atau mendownload lagu/film ilegal, atau mencari rencana menggulingkan pemerintah yang sah.

 

Untuk usaha2 yang dilakukan untuk meninggalkan kejombloan, tampak lebih banyak wanita yang beribadah/berdoa dan berusaha memperbaiki penampilan dibandingkan pria. Pria lebih banyak berusaha menambah wawasan, atau ngegym (ciiieee, pantes L-Men laku. Uhuy!)

 

Klik untuk memperbesar

Menyangkut sikap keluarga terhadap kejombloan, sesuai dugaan, lebih banyak keluarga responden wanita yang resah dibanding keluarga responden pria. Ini sesuai dengan pertanyaan keparat “kapan kawin” yang rasanya lebih banyak diderita kaum hawa. Bahkan, lebih banyak keluarga pria yang mensyukuri kejombloan responden karena bisa dikaryakan. Mungkin untuk ngangkat galon Aqua atau antar jemput adik.

 

Kesan-kesan terakhir responden. Di akhir kuesioner, responden di minta kesan2 akhir. Ada 1,067 komentar yang ditulis, gimana mata gw gak juling ngeliatnya. Selain puluhan ajakan menikah, inilah sebagian kesan/pendapat/saran dari responden:

  • Option nya nggak ada yang lebih bangke lagi apaaaa?
  • yang buat survey ini lagi rada gila bin sinting at least ngakak gluduk-gluduk ha ha ha h
  • Did you buy your body at McDonald’s? Cause I’m lovin’ it 😉 (anjrit, gw disamain sama daging burger)
  • Adminnya FRAKKKKKKKK!!!! *ngakak depan PC pas ngisinya* akhirnya temen sekantor ikutan ngisi!
  • i love you ommm piringg…
  • ini apasih dan ngapain gw bisa sampe sini trus gw isi smuanya,,,,hadeuuuhhhhhh,,,,,
  • lucuk banget ini survey, pengen pukul-pukul manja bahunya Bang Piring 😀 (aw, aw)
  • i love you so much mas admin. kapankah kita bisa berbagi makan dalam satu piring? aku rasa itu akan sangat romantis karena piring adalah bagian dari namamu dan piring adalah bagian dari kehidupanku karena dengan piring aku bisa makan sehingga aku mendapatkan energi utk menghadapi kejombloan yang keras ini. (bingung balesnya gimana yang model kayak gini….)
  • NGAKAK bro liat survei ini!! adminnya cwek ato cowok?? klo comok mah ngapain gw gombalin.. wkwkwk “masak aer, (biar mateng), masak aer, (biar mateng), si parmin makan kakap, hey admin kamu jgn sok ganteng, muke lu kyk botol kecap” hahahaha.. piss min!! (yang ini juga gak heran sih jomblo…)
  • Survey ini bikin gue ketawa2 sendiri ga jelas, sampe dikira gila sama satpam parkiran (iya, gue ngisi survey ini di parkiran) (kerja di Secure Parking ya?)
  • Mudah-mudahan survey ini bukan alasan newsplatter buat menyaring cewek-cewek jomblo (Dem, modus gw ketauan)
  • You really ARE sick!! 😀 Can’t stop laughing while I’m doing this.. Thanks for coloring my lonely satnight.. Hidup jomblo!! :’)
  • Bang, tau bahasa cina nya kepeleset gak? Lie tjien thong. Bang, ada cerita nih. Ceritanya si mamat lg pengen ml sm istrinya, tp dia gak mau punya anak lagi. Trus akhirnya dia pergi ke warung beli kondom. Trus begitu sampe, mamat nanya, ” bro, beli kondom dong 1″ kata penjaga warung ” ada sob, nih kondom warna HIJAU harganya 2000″ lalu si mamat ngerogoh kantong cuma ada 1500, trus dia bilang “bro, cuma ada 1500 nih, gimana?” Penjaga warung bilang “santai sob, ada 1500 warna kondomnya HITAM” lalu akhirnya dibeli lah kondom warna HITAM, lalu mamat pun bercinta. 10 tahun kemudian, ternyata kondomnya jebol, jadi deh doi punya anak, anaknya mamat itu item, dekil, ingusan, pokoknya yg ancur dah. Hingga suatu saat anaknya mamat si franky bertanya “papah, kenapa sih aku hitam jelek ingusan begini, sedangkan kakakku yg lain putih mancung gagah, kenapa pah??! Kenapaaaa??!” Lalu mamat pun menjawab pertanyaan anaknya “Banyak bacot lu tong, masih mending elu ITEM, gw tambah gopek jadi IJO luuuuhh” Sekian bang (Elu akan gw ban dari survey2 berikutnya)
  • kamu emang sakit jiwa mas!!
  • PERTANYAAN GUE SATU : SIAPA YANG BIKIN PERTANYAAN-PERTANYAAN DI SURVEI INI ? (Ya gw lah nyet. Eh, caps lock servis duluk!)
  • i… i love you like a lontong baby… (ini juga akan gw ban…)
  • Oom Piring, kapan-kapan kita Banana Date yaa…. :* (*menelan ludah*)
  • Nope, ga da. Tapi mas, tolong buatin survey LDR dong 😛 or korban LDR (dulu pernah LDR). Pasti bakalan seru! (Gw banyak mendapat permintaan serupa)
  • Pesan aja ya: buat Om piring harus tegas memilih antara Briptu Eka Frestya atau Chantal, gak boleh milih blake Lively karena gak mungkin banget.
  • Om…. sebenarnya, kau lah alasan kejombloanku selama ini. Kau yang memualai kau yang mengakhiri om… (APA-APAAN INI?! INI PEMERASAN!!!)
  • maukah om piring menemani diriku menmpuh perjalanan ke utara untuk mendapatkan kitab anti jomblo volume 2? (Mau! Eh, gw gak jadi tokoh yang bermuka babi itu kan?)
  • Gue pengen lo jadi pengganti mantan gue yang biadab itu. Pokoknya wajib, kudu, harus. Gue udah cinta mati sama lo. Jangan tidur malam ini. Kalo ada yang ngetok jendela, itu gue. Bukain jendelanya atau gue terbang masuk, nebeng sama superhero yang siang-siang berkamuflase jadi abang gorengan. Btw, lo mau nitip gorengan gak? Dua ribu dapet tiga. (Elu pasti udah lama banget ya menjomblo sampe jadi kayak gini….)
  • @newsplatter gilaaaaa! .gw bisa ngebahas kejombloan ini dgn ketawa
  • Om Hen, Y U NO APPEAR ON TV!? (Sebagai apa? Tersangka KPK?)
  • Ai won you~ ai nit you~ ai lof yu~ (Woy, salah website!!)

PENUTUP

Terima kasih untuk seluruh responden yang sudah meluangkan waktu berharganya selama weekend untuk mengisi survey ini. (ALAH, KALIAN JOMBLO INI, GAK NGAPA2IN JUGA KAN WEEKEND??) Hasil survey ini diharapkan tidak hanya berguna bagi kaum jomblo itu sendiri, tetapi juga menambah pengertian masyarakat luas dan menghindari kesalahpahaman mengenai kaum jomblo. Karena sesungguhnya, kaum jomblo ternyata hanya manusia biasa, yang perlu dicinta. Hanya perlu dibina.

Itu saja.

Sampai #SurveyNewsplatter berikut! Gak tau kapan! Udah ah, capek gw!

Advertisements

42 Comments »

  1. Hahahahahahaahhaha! Om Piring I lapyuuuuuu! G tmasuk yg dtendang tuh saking pinginnya ikut survey lu Om! Bikin survey HTS/TTM dong Ommmm.. Om, klo lu nyalonin diri jd anggota DPR pst g vote deh, bisa gerakin massa effortlessly gituhhh n mau2nya jg kita ngikut wkwkwwk

  2. Hadeeeuh, gw kira hasil survey ny jg kheses u/ jombloers, tau bisa diliat dr blog, ngapain jg ngibul pake blackberry nyokap supaya bs ngintip isi survey ny ky apa *nasiiiib org gaptek

  3. Aku blm ikutaaaaaannnnn *nangis ala2 iklan kartu AS* apalah arti survey ini tanpa partisipasi penyandang gelar jomblo since birth. I was born this wayyyyyy *garuk aspal*

  4. GILAK koplak, Om.. baru baca tulisanmu iki.. GILAK! Ngakak muluk! ngehek =))))) yang bagian open-ended gilak! keinget muluk, dasar jomblo!
    sayang gue gak ikutan, gak tau.. 😥

  5. ngahahaha…..lucu banget. Ngikik (ngakak dgn suara kecil) ampe dilirik bos gw. Jadi ketauan ngga kerjanya nih gw!

  6. Hahahahaha…asli ngakak sndiri gw baca hasil nya bang. Mana ini lg di antrian dokter gigi. Jgn sampe aja ada yg negor gw bilang salah daftar, harusnya ke dokter jiwa. Ditunggu survey2 nya yg akan datang om piring…

  7. Ngakak ngekek ngikik ngukuk ngokok.. Ketawa dg berbagai gaya baca ini. Sampe dedek bayi di dalem perut ikutan bergetar heboh! :))

    Ini dia survey yang rasanya bebas rekayasa n ga bakal diaudit KPK (Komisi Pemberantasan Kejombloan) wekekekekek.

    Ciamik laaah!

  8. Saking pengen taunya nih survey kaya’ apa… Gw ditendang dong sama oom piring… Gw coba buka lagi kaga’ bisa… Dan sesiangan ini ga bisa berhenti ngakak baca hasilnya… Saluuttttt oom…. :)))

  9. *ngakak* *standing ovation* disaat tinggal kelamaan di luar negeri dan kangen becandaan jakarta. this hits the spot. great job! keep it up!

  10. di pelototin orang sekantor gara-gara ngikik sendiri pas baca ini. i’ll make sure everyone read this tomorrow. *biargakgilasendirian*

  11. disaat kemunduran dunia blogging, justru om piring aka. @newsplatter yang sukses menarik massa segitu besarnya ke blog pribadinya yang sangat sederhana kalau dibandingkan dengan blog2 punya para blogger senior yg sangat sophisticated itu.

    poin saya : tanpa punya blog yg keren, cukup pake yg sederhana dan gratisan, asal topiknya menarik ternyata terbukti bisa menggiring massa ke dunia blog lagi. betul ? 😉

    dengan membuat tema posting yg “sama sekali gak mainstream” seperti ini, justru membangkitkan animo terhadap blogging yg hampir ( memang sudah sih ) pudar.

    Sukses ya, om piring ! salut deh ! keep blogging ya *standing ovation* 😀

  12. lucu surveynya,,haha,,oia, selamat buat kak piring buat pernikahannya,,,semoga langgeng dan ntar2 bisa bikin survey ttg pernikahan 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s