Steve Wozniak, Dan Bagaimana Agar Kamu Di-livetweet

Hari ini ceritanya Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple, bertandang ke Indonesia, membagikan kebijaksanaannya mengnai inovasi dan kreatiitas.

Gw sendiri gak dateng, karena ada meeting di Bogor, tetapi terlebih lagi, karena gw gak diundang sih (hiks, padahal gw kurang inovatip apa coba dengan survey2 gak penting gw!)

Anyway, fenomena “kedatangan dewa” pun terjadi. Mereka yang datang ke acara terebut segera meng-live tweet-kan quote-quote “kata-kata bijaksana” dari Mas Steve Wozniak, lengkap dengan hestek #SteveWozID. Dan banyak yang terkagum-kagum dengan pidato Steve  yang dirasakan begitu ‘inspirasional’.

Bukan Twitter namanya kalo gak ada yang komentar sarkas soal quote-quote bijaksana ini. Dan kali ini gw melihat ada kebenaran sih di sarkas yang lucu-lucu itu. @VeHandojo misalnya, “Beneran deh, quotes Steve Woz yang berkeliaran di timeline gue sih cuma klise-klise-an doang, ya. Eneg”

Kalo diliat, emang sih, beberapa quote Mas Steve ini sebenarnya biasa atau klise banget. Contoh (ini semua diambil dari akun @ReneCC):

“Don’t just work for money. Do things that really matter for you” (Hmmm, udah sering denger ini sih. Malah dari masbro Rene Suhardono sendiri kayaknya)

“Don’t go out there and ask for money. Create something that works first!” (Hmmm, kalo elu asal minta duit ke orang-orang sih kemungkinan elu diringkus sama aparat ya…)

“Speak your mind – at least to yourself” (Actually, most of time nobody listens to my mind except myself….)

“All great things take time to develop” (Gw udah sering banget denger ini dari client atau kolega di advertising “NYET, LOE PIKIR BARANG BAGUS BISA CEPET BIKINNYA?!” – Oke, kalo dari client biasanya gak pake ‘nyet’ sih…)

Dll.

Tetapi yang gw mau tunjukkin di sini bukan sekedar asal sarkas, tetapi, bahwa inilah realita hidup. Seringkali, pernyataan, quote, menjadi terdengar bijaksana, filosofis, inspirasional, bukan karena kata-katanya itu tersendiri, tetapi tergantung SIAPA YANG MENGUCAPKAN. Nih, contoh lagi. Bandingkan dua quote nyata di bawah:

“Gw baru nyadar kalo gw bego banget, gak tau apa2” – Henry Manampiring

“This I know, that I know nothing” – Socrates

Coba, kalimat kedua terdengar begitu bijaksana, ‘dalem’, inspirasional, dibandingkan dengan kalimat pertama. PADAHAL ARTINYA SAMA AJA ANYING! Semua hanya gara2 yang ngomong kalimat kedua itu “Socrates”. Padahal secara substansi, quote dari Henry Manampiring ya sama aja maknanya.

Gw mau bilang bahwa dunia emang gak adil, tapi itulah kenyataannya. Agar sebuah pesan bisa menggetarkan bulu kuduk pendengarnya, kata-kata yang digunakan saja tidak cukup. SIAPA yang mengucapkan berpengaruh apakah pesan tersebut “nendang” atau biasa saja.

Maka seorang Steve Wozniak yang sudah ngetop sebagai pendiri Apple bisa mengucapkan hal-hal yang basi, tetapi membuat para geek ibukota klemer-klemer.

Dengan kata lain, “Be SOMEBODY first, and THEN people will listen to you”

(ini quote asli gw, makanya gak keren. Coba kalo gw bilang yang ngomong ini Barack Obama atau Olga Syahputra, pasti kalian kejang-kejang mulut berbusa, iya kan?)

Yang artinya, kita harus membuktikan dulu diri kita dengan tindakan nyata, sebelum berharap omongan kita dipuja-puja dan di-live tweet!

🙂

Advertisements

Categories: Random Insight

11 Comments »

  1. Wahaha ya begitulah kalo mereka yg kesengsem dengan idolanya. Gw sendiri tadi dateng ke acaranya. Inspirasional sih iya. Namun inti pesan yang disampaikan sebetulnya nothing new. Buat gw pribadi, seminar2 semacam ini, memang gw inget pas masih di lokasi, tapi begitu 1/2 jam keluar dari gedung, gw udah lupa dengan isinya.
    Kayaknya lebih memorable show di JKT48 Theater. wahahaha.. Itu gw inget terus sampe sekarang.
    *Habis ini dirajam para fans SteveWoz*

  2. Shoot… Gw suka quote elo #AnakAlayID

    Btw, hasil surveynya dunk Oom… kami menantikan dengan penuh antusiasme nih, seperti para geek ibukota menantikan salah satu pendiri buah kegigit

  3. Menurutku Wozniak simbol otak kiri Apple, sedang Jobs adalah otak kanan yang mewakili kreativitas dan inovasi. Jadi rada gak cocok sebenarnya dengan tema acaranya. Kalau Jobs bisa bangkit dari kubur, dia pasti menawarkan konsep gadget for after life 😀
    Baru saya akan datang wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s