Review Awam Samsung Galaxy Note 2

Mau review gadget lagi aah. Kali ini Samsung Galaxy Note 2 yang sudah gw pake 2 minggu lebih.

Seperti review2 yg dulu, gw ingetin lagi kalo ini cuma review awam. Artinya ini hanya review dari pengguna biasa. Akan banyak detail teknis yang terlewat, jadi kalo yang mau serius, harus cek review profesional. Tenang, nanti gw kasih linknya. Dan karena ini review awam, gw gak akan mengupas semua kapabilitas yang ada, tetapi hanya fokus di basic dan apa yang kira-kira unik saja.

Okay langsung aja ya.

Dimensi fisik

Ini pasti jadi pertanyaan semua orang. GIMANA UKURANNYA???

Dengan ukuran layar 5.5 inchi, percayalah bahwa Note 2 ini beneran gede. Kalo tahun lalu Note 1 membuat cewek2 pingsan begitu ngeliat ukurannya (well..cowok2 juga sih), Note 2 digedein lagi sedikit. Kalo semua smartphones diibaratkan sebagai mobil, inilah Alphardnya smartphone. Makanya ada sebutan “phablet” buat Note 2, singkatan dari “phone tablet”, karena ukurannya yg di tengah2 smartphone dan tablet.

Sebenernya gw sebelumnya ragu mau beli, tetapi sesudah dipegang-pegang dan digrepe-grepe, baru nyadar kalo Note 2 ini MASIH enak dipegang satu tangan. Obviously, untuk mengetik sambil memegang dengan satu tangan sudah hampir tidak mungkin (walaupun disediakan feature one hand di mana keyboard-nya dibuat mepet ke kiri atau kanan. Tetapi sekedar untuk digenggam di satu tangan masih oke (padahal tangan gw terhitung kecil dan bantet).

Berikutnya soal fisik, adalah pertanyaan bagi para pria: gimana masuk kantong? (Untuk perempuan hal ini tidak relevan, mengingat kebanyakan membawa handphonenya di dalam tas. Atau diselipin ke beha….) Hampir semua temen cowok yg gua tahu menaruh handphone ke dalam saku celana kalo sedang jalan-jalan. Gimana dengan Note 2?

Sesudah dua minggu, gw bisa bilang: Note 2 bisa ‘masuk’ ke dalam celana kasual berkantong besar (misalnya cargo pants. celana pendek longgar) dengan nyaman, masuk juga ke celana kantoran, dan masih bisa masuk ke celana jins yang normal (bukan potongan Changcuters). ‘Bisa masuk’ tentunya ya cuma itu, bisa masuk. Tetapi karena ukurannya maka pasti terlihat menonjol dari luar (‘Is that a ridiculously big handphone or you are just excited to see me?’), dan semakin ketat celananya maka akan semakin terasa mengganjal. Dan saat duduk, hampir bisa dipastikan Note 2 harus dikeluarkan dari saku celana jika ingin duduk nyaman. Tetapi untuk sekedar berjalan-jalan sambil berdiri (ya masak jalan2 sambil koprol?), Note 2 masih bisa dimasukkan di saku celana.

Sebenarnya salah satu rahasia kenapa Note 2 walaupun besar tapi begitu digrepe terasa nyaman adalah karena: doi TIPIS (konon lebih tipis sedikit dari Note 1).Tipisnya ini yang bikin dia bisa nyempil di saku.

Sedikit jeroan

Oke, namanya review tetep harus nyentuh soal jeroan.

Prosesor Note 2 menggunakan 1.6 Ghz Quad-core processor. QUAD-CORE jek! (iPhone 5 aja masih dual core) Ini mungkin masih prosesor tercepat yang gw tahu udah ada di Indonesia. RAM dapet 2 GB (iPhone 5 hanya 1 GB), dan memory internal 16 GB, plus MicroSD slot untuk ekspansi. Dengan spek di atas, Note 2 bagaikan mobil segede Alphard dengan mesin balap.

OS sudah memakai Jellybean, yang konon lebih smooth lagi dari ICS karena menggunakan teknologi Project Butter (gw gak tau juga karena sebelumnya masih pake Gingerbread). Tapi gw hepi2 aja dengan performancenya ya.

Dengan prosesor kenceng kayak gitu, pertanyaan umum berikutnya adalah: gimana batrenya? Biasanya makin kenceng makin cepet abis juga batrenya kan? Nah, di sinilah keuntungan mobil berukuran gede: “tangki bensin”nya juga bisa gede. Batrenya 3,100 mAh (hampir 2x rata2 ukuran batre smartphone lain), dan selama pemakaian dua minggu, batre habis dalam 18 jam untuk pemakaian sedang-berat, sampai 24 jam untuk pemakaian sedang. Jadi harusnya, dalam keadaan full pagi harusnya cukup sampai malam hari.

Layar/display

Layar Note 2 menggunakan Super AMOLED HD (gak ngerti juga sih maksudnya), dengan 1280 x 720 pixel. Yah, gw gak terlalu ngerti, selain bilang gambarnya ya bagus banget aja. Gambar berikut adalah screen capture dari sampel video yang diputar di Note 2.

klik untuk memperbesar

 Oh iya, display Note 2 sudah menggunakan Gorilla Glass 2 yang konon anti baret. Jadi sebenernya gak perlu keluar duit untuk beli screen protector lagi 🙂

Camera

Gw adalah orang yang cukup rewel dengan kamera, dan gw bisa bilang, gw HEPI BANGET dengan kamera di Note 2. Kamera 8 MP di belakang sangat cepat! Tidak ada lag setelah kita memfoto, siap untuk next scene. Selain itu sudah bisa ‘burst mode’, jadi ditinggal diteken terus shutternya dan kamera motret terus klikliklikliklik gitu. Selain itu ada ‘best of’ – jadi kalo diteken sekali kamera langsung motret beberapa foto, dan ‘dipilihkan’ mana yang bagus. Oh iya, udah bisa juga fokus dengan cara memilih di layar. Tinggal sentuh bagian yang mau difocuskan, dan kamera akan nurut. Selain itu sudah ada fitur panorama. Fitur2 kayak gini dulu hanya ada di compact camera yg premium. Bisa dibilang, dengan membawa Note 2 kebutuhkan untuk kamera compact kok terasa makin berkurang.

Beberapa contoh hasil foto: jarak jauh, jarak sedang indoor, dan close-up.

klik untuk memperbesar

klik untuk memperbesar

klik untuk memperbesar

Soal video, lumayan standar untuk high-end smartphone, sudah bisa HD recording. Tapi jujur gw gak nyobain banyak.

Multi-window

Satu kemampuan unik dari Note 2 adalah multi-window. Jadi dua aplikasi bisa dibuka berbarengan dalam satu layar. Walaupun jujur gw belom merasa perlu memakai, tetapi lumayan keren sih. Dan siapa tahun kelak terpakai. Misalnya, sambil baca e-mail, terus melihat peta. Sayangnya, tidak semua aplikasi mampu ditampilkan di multi-window ini. Harus kompatibel dengan Samsung-nya kayaknya.

S-Pen (atau dahulu dikenal sebagai ‘stylus’)

Bisa dibilang, kehadiran stylus ini adalah keunikan utama Note 2. Saat ini, setahu gw hanya ada 2 smartphone yang mempunyai stylus, yaitu seri Samsung Note, dan LG Optimus Vu. Waktu Samsung pertama kali mengembalikan stylus di Note 1 (sebutannya “S Pen”), reaksi gw juga sarkas. Ngapain teknologi jadul dibawa kembali? Bukannya sekarang jamannya pakai jari/jempol aja ya? Tetapi sesudah gw eksperimen, gw malah suka banget. Bahkan sekarang kalo dateng ke meeting, gw udah nyatet pake si S Pen ini. Karena bagaimanapun gw lebih nyaman menulis dengan tulisan tangan. Dan layar AMOLED + S Pen di Note 2 menangkap tulisan tangan gw dengan sangat akurat, dengan setting pen bisa diubah2, baik warna, ketebalan garis, maupun jenis alat tulis-nya (ada opsi “kuas” sampai “pensil berwarna”, dan “stabilo”!)

Selain untuk memo, S Pen bisa dipakai untuk banyak macam fungsi. Dari nyatet di kalender, sampai edit foto dan film! Dan kegunaan S Pen ini bener2 buanyak banget. Bayangin, kita bisa memberi petunjuk alamat dengan cara screen capture dari Google Map, kita tuliskan sendiri catatan dan panah, dan kemudian kita email ke teman kita. Praktis!

Gw gak akan banyak mengulas tentang kemampuan S Pen secara full di sini, karena banyak banget. Bisa dicek di YouTube sendiri. Yang penting adalah, pena yang akurat ini memungkinkan tidak hanya tulis menulis, tetapi juga menggambar bagi yang suka corat-coret. Ini beberapa contoh gambar buatan gw menggunakan S Pen. Gak bagus siiih, tapi bayangin kalo orang yang jago gambar beneran bisa bikin apa pakai S Pen ini.

Keunikan S Pen lain adalah fitur “Air View”. Jadi kalau ingin mengintip isi suatu folder foto/film tanpa harus membuka folder tersebut, cukup meletakkan S Pen di atas folder tanpa harus menyentuh layar, dan kita akan mendapat ‘preview’ isi folder. Gak penting banget sih, tapi lumayan ‘cool’ 😀

Kesimpulan

Samsung Galaxy Note 2 menurut gw bukan untuk semua orang, hanya karena ukurannya yang BESAR. Gak semua orang cocok dengan ukuran seperti ini. Kalo ngerasa S3 aja udah kegedean, apalagi Note 2.

Tapi kalo ukuran fisik bukan menjadi kendala, maka Note 2 bener2 hampir gak ada kelemahannya buat gw, apalagi kalo sudah biasa dengan Android OS. Prosesor kenceng, memory besar, disupport dengan OS (hampir) terbaru Jellybean dan batre besar membuat kinerja lancar jaya. Selain itu, kehadiran stylus, eh S Pen, ini bener2 fitur yang penting – untuk SEBAGIAN ORANG. Untuk mereka yang seneng bisa menulis tangan (handwriting) dengan gadgetnya, dan senang menggambar/sketsa, maka Note 2 barulah bener2 optimal. Rasanya sayang memakai Note 2 kalo stylus-nya dianggurin. Tapi ya ga papa juga sik.

Jadi kalo seneng (atau tidak masalah) dengan layar besar, senang menulis tangan, dan punya bakat kreatif menggambar/sketsa, Note 2 bisa jadi opsi. Tapi kalo pengen smartphone dengan ukuran dan kemampuan standar, masih ada produk Apple sih yg namanya iPhone 5, hihihi (*nunggu digebukin Apple fans….)

Segitu aja review awam singkat gw. Untuk review yg lebih detail, gw rekomen cek link2 berikut:

http://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_note_2_att_tmobile_sprint_verizon-review-836.php

http://reviews.cnet.com/smartphones/samsung-galaxy-note-2/4505-6452_7-35426722.html

Mohon maaf kalo ada yang nanya dan gw gak bisa jawab ya. Namanya juga gw cuma pengguna awam. 🙂

 

Baca juga:

Review Awam Sony Xperia Z

Review Awam Sony Xperia Z Ultra

Review Awam Samsung Galaxy Grand 2

Review Awam Samsung Galaxy S7 Edge

Advertisements

Categories: Review

28 Comments »

  1. Om, untuk editing foto lo pake aplikasi apa?
    Kalo screen capture?
    Dan, sori tolol ni…cara copy paste ga pake A-Pen gmn caranya sik? :’)

    Makasi ooom…. *kirim sesajen pisang*

  2. setau saya walopun layar lebih gedek, gedenya ke atas, lebar layar malah ngecilin dikit dibanding note I.
    ditambah pinggir belakangnya yang lebih membulat (rounded edge) malah lebih “one-handling-able” dari pada note I (ga tau deh one-handlingable beneran ada katanya apa enggak). saya pake note I buat sketsa2, pas coba grepeh2 note II di toko HP jadi ngiler sih… note I saya skrg aga aga depresi katanya minder..(baca: saya pengen upgrade) oh well… maybe note III aja deh..

  3. Dan makin pengen. Udah naksir dr Note 2, juga karena stylus dan hal-hal hebat yang bisa dilakukannya, dan makin hebat stylus nya di Note 2. Yg air view itu nampaknya kece sangat. Aak. Mauu..

  4. Mantep dah besok gua jd beli. . . .

    Yg bikin gwa ragu multi window nya belum ada waktu gwa oprek2 punya org jual 😀
    Baru tau musti dUpgrade dulu

    1 lagi om yg buat gwa b’pikir lama mo beli note2,,
    Memory system storage note2 yg 16gb setelah dCek di taks manager,, sisa nya cuma 5,75gb (galaxy S3 gwa dpt 11,52gb)
    Apa ngga t’lalu s’dikit tuh 5gb doank?!
    Dikasih asphalt 7 ntar dah habis

    M’nurut agan yg udah pake s’lama 2 minggu gimana tuh soal system storage nya?!

  5. mantep gan!!
    Qdah beli pagi td & ternyata bener memory system storage nya 10.63gb
    oke bgt dah

    untuk p’makaian awal batre s’jenis ini ada perlakuan khusus ngga gan?!

  6. Boleh tahu clipart -clipboard ada dlm application mana? Bila dh save info dr email automatik save dlm clipboard. Tp x jumpa cari pula kat mana clipboard tu. Tq

  7. Mau nanya mas.kok ane ngerasa kameranya lebih bagus note1 ya daripada note 2.warnanya lebih tajam.kebetulan dinote 2 ane sekarang ane pake memory cardnya punya note 1 ane.jd masih ada poto yg tertinggal di memory cardnya.apa ada pengaruh setelah rooting dan di unroot dengan kamera?

  8. sebelumnya pake galaxy note 1, jujur aja gw emang kurang kreatif dan mungkin gak punya cukup waktu untuk coba2 ujung2nya lebih bnayak kepake ipad buat browsing dan cek ini itu. baru aja lepas galaxy note 1-nya eh malahan beli lagi galaxy note 2 karena kepincut sama fitur dan penampakannya. Seperti halnya juga waktu pakegalaxy note 1 pengen banget bisa optimalin nih gadget, apalagi belajar pakai short cut yang kadang bisa bikin emazing kalau devise ini ternyata canggih banget. Kalo punya guidance untuk pake short cut tolong share dong yah

  9. aku udah pake, kereeenn. btw gimana caranya “select all”, kalau di kompie kan kita pake “ctrl” + panah atau “shift” + panah trus di drag, bagaimana kalau pake samsung note 2? Thx

  10. Mantep emang… saya sebelum pake note 2… menggunakan hp kompetitor sekelas…
    Emang lebih puas menggunakan note2 ini jika untuk kebutuhan kerja office…
    Emang masing masing merk dagang ada kelebihannya masing masing.. tinggal kebutuhan kitta ajah mau menggunakan yg mana

  11. Mau tanya saya barusan beli galaxy note 2 yang 2nd. HP saya charge dalam posisi dimatikan, untuk bateray sampe penuh butuh waktu 10 jam ya? Apa memang seperti itu ya? Mohon infonya donk. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s