Laporan Survey Mantan Nasional 2013

Okeh, setelah 2 hari pengumpulan data (dimulai Sabtu malam), maka Survey Mantan Nasional 2013 resmi dilaporkan.

Survey kali ini berhasil mengumpulkan lebih dari 4,403 entry, dan 3,383 dari itu menyelesaikan seluruh kuesioner (jadi tingkat penyelesaian 76.8%). Mengapa ada sekitar 1,000 responden yang “tidak selesai”? Yang pertama, 388 responden terdiskualifisir ketika mereka menyatakan tidak punya mantan di pertanyaan pertama. Sisanya, somehow memulai survey tetapi tidak sampai selesai. Penyebabnya bisa bermacam2: gangguan koneksi, di tengah jalan disuruh bobo sama emak, atau tidak kuasa menahan kenangan indah itu dan memutuskan berhenti di tengah jalan.

3,316 survey selesai merupakan salah satu pencapaian tertinggi sepanjang sejarah #SurveyNewsplatter. Jadi terima kasih sekali untuk partisipasinya ya!

Sedikit catatan tentang interpetasi hasil. Karena survey ini bukan survey yang “ilmiah” banget, maka gw merasa perlu memberikan sedikit catatan. Dalam menginterpretasi temuan di bawah, agar pembaca jangan menggeneralisir hasilnya sebagai realita “seluruh orang”. Hal ini dikarenakan metode survey online yang belum tentu representatif dari total populasi. Contoh: data bahwa 50% lebih responden masih menyimpan barang dari mantan. Kita tidak bisa serta-merta menyimpulkan separuh masyarakat menyimpan barang dari mantan, tetapi lebih tepat “separuh responden yang mengikuti survey ini menyimpan barang dari mantan”. Jelas gak sih? Jelas dong.

Mari kita mulai dengan temuannya:

Berapa mantankah yang kamu miliki?

ChartExport (1)

Lebih dari separuh responden memiliki mantan antata 1-3 orang. Ada 20.9% responden yang belagu banget mengklaim punya mantan lebih dari 5 orang. Hih.

Status sekarang

ChartExport2

50% responden ternyata MASIH MENJOMBLO sejak berpisah dari mantan terakhir. 16.4% sudah menikah, dan hampir sepertiga mengaku sudah mempunyai pacar baru. Mengapa banyak jomblo yang mengikuti survey ini? Mungkin karena survey diluncurkan Sabtu malam, jadi yang bisa mengikuti ya hanya yang jomblo. Yang punya pacar terlalu sibuk pacaran juga ya. Jadi salah satu berkah menjadi jomblo adalah, kalian bisa disurvey! Lho…

Bagaimanakah kamu putus dengan mantan TERAKHIR?

ChartExport3

Hampir separuh responden (48.5%) mengaku putus dengan mantan terakhir dengan sedikit drama atau drama abis. 16.2% mengklaim putusnya mereka yang terakhir lebih dahsyat dari pertempuran Kaiju lawan Jaeger (yang kagak ngerti, nonton dong Pacific Rim! Gaoel men, gaoel!). Berarti hampit 1 dari 2 responden putus dengan mantan terakhir dengan adanya tegangan emosional. Hanya 13% responden yang mengklaim putus yang sangat baik-baik (kayak apa ya putus baik-baik banget? Sambil lari-lari di bukit rumput gitu kali ya?).

Apakah kamu menyesali putus dengan mantan TERAKHIR?

ChartExport4

Walaupun banyak yang mengalami proses putus dengan drama, hampir mayoritas responden (83.3%) saat ini merasa bahwa putus itu adalah hal yang terbaik. Hanya 16.7% yang menyesali putus.

Bagaimana perasaan kamu terhadap mantan TERAKHIR?

ChartExport5

Sekitar seperlima responden mengaku perasaan terhadap mantan terakhir “baik”/positif. Hampir separuh (46.1%) merasa “netral”. 16.1% masih merasa sedikit marah, dan 15% mendoakan sang mantan tertimpa benda angkasa yang kebetulan mengarah ke bumi. Berarti, lebih dari 30% responden sebenarnya masih menyimpan perasaan tidak enak terhadap mantan!

ChartExport6

Dua pertiga responden mengklaim sudah putus dari mantan terakhir lebih dari setahun. 1% dari responden mengaku baru putus di hari yang sama dengan mereka mengerjakan survey ini. Astaga! Semoga survey ini bermanfaat dalam membantu proses transisi menuju Jomblo Baru Sejahtera.

Apakah kamu masih memikirkan mantan (manapun)?

ChartExport7

19.3% mengaku nista untuk memikirkan mantan. Berarti 80% lebih responden mengakui memikirkan mantan, walaupun dalam frekwensi yang berbeda-beda. 28.4% mengaku jarang memikirkan mantan, hanya saat tetes hujan mengetuk jendela saja (hoek! cuh!) 35% mengaku kadang-kadang saja. 11.2% bisa memikirkan mantan beberapa kali seminggu. Ada 6.2% yang masih kepikiran setiap saat, setiap waktu, kuingat dirimu (tau gak ini dari lagu apa?).

Apakah kamu masih BERHUBUNGAN dengan mantan?

ChartExport8

Hampir 30% responden mengaku TIDAK berhubungan dengan mantan sama sekali sejak putus, yang berarti sisanya 70% masih berhubungan dengan mantan dengan intensitas berbeda-beda. Kelompok terbesar adalah yang mengaku masih berhubungan tetapi sangat jarang (45.2%). Ada 4.5% yang bahkan berhubungan mantan SETIAP HARI.

MENGAPA kamu masih berhubungan dengan mantan?

Untuk yang masih berhubungan dengan mantan, maka ditanyakan alasannya:

ChartExport9

Seperlima (22.2%) mengaku berhubungan karena kondisi terpaksa (satu sekolah/kantor, atau situasi2 memaksa lain). 27% jujur mengaku masih kangen. Hampir 10% mengaku karena horny/nepsong. Tetapi yang terbanyak justru untuk alasan-alasan lainnya. Sebagian dari alasan-alasan itu (dari jawaban open-ended):

  • temenan baik sama adek iparnya dan istrinya masih ngaku2 sebagai sahabat gue..jadi yaaaah..terpaksa berhubungan atas nama menjaga silahturahmi. tsaaah!!
  • doi maksa sambil bawa baygon om! kan gw takut, kalo dia semprot baygon ke gw gimanaaaaa???!!!
  • putus hubungan bukan berarti putus silaturahmi juga
  • Dia yg ngehubungin duluan
  • cuma tanya kabar aja, soalnya sblm pacaran sahabat deket.. jd abis putus balik jd sahabat lagi deh..
  • Dia belom bisa move on dari gue kalik! Gak deng.. Suka curhat2an soal pacar masing2 aja [padahal saling panas memanasi]
  • gw udah kehilangan dia sebagai pacar, gw ga mau kehilangan dia sebagai teman..
  • biasa aja sih, kalo dia ulang tahun atau hari besar agama, ya gue selalu ngucapin ke dia, menjaga silaturahmi. biasa aja sih.
  • nyari celah balikan
  • Kita saling terkoneksi dalam Jaeger (PLIS DEH….)
  • Ciumannya min, dahsyat! (Sama ciuman Kopaja dahsyat mana?)
  • etika, misal kemarin ada gempa di tempatnya, gw sms.. klo gak dibalas brarti jd salah satu korban dong yah.. :/ (ini separoh ngarep SMSnya gak dibales kah?)
  • tupperware gue belom dibalikin soalnya, yg limited edition pula, yg ada bunga warna jingganya itu loh min, kalo beli satu paket diskon 20% (WOY BALIKIN TUPPERWARENYA!)
  • ngobrolnya nyambuuuungggg..abis cerdas orangnya :’)
  • diterroorrr! apalagi kl istri ybs lg klr kota. amit2 ya ampun.. *ketok2 meja* (Laporin Densus!)
  • ini semua karena twitter Om! Selama ada twitter mention2an tak terelakan dan gue juga suka kepancing buat bales mention dia
  • buat fauzan, aku sayang kamu. masih. dan akan selalu. selamanya. tapi kenapa.. kenapa.. kenapa agama kita bedaaa?!!! (Mbak, salah kolom. Ini harusnya ditulis di kotak ‘pesan untuk mantan’ di bagian terakhir, Dan untuk Fauzan, KENAPA ZAN? KENAPAAA??)
  • Gue masih sayang ya walaupun gue udah cocok bgt sama pacar yg sekarang tapi gue masih suka ngebandingin mereka berdua om
  • biar keliatan udah move on sekalian siapa tauuuuuuuu doi liat avatar gue terus doi menyesal mutusin gue yg udah berubah jadi cantik kayak dewi dewi (Woh, ada hidden agenda tho…)
  • ijazahnya dari TK sampe S2 masih di gw…nggggggg…
  • mantan gue juga masi kasi kode sayang KFC gitu, kangen feluk cium (Astaga…bales dengan BK dong…Belai Keplak)
  • dia banyak utang ma gue, enak aja mau gratisan setelah dia ngelakuin semua itu ke gue.. kembalikan duit gue! gue kagak ikhlasss (makanya ngutang ke bank, bukan ke pacar)
  • handphone gw yg di’pinjem’ belom dibalikin, berikut barang2 lain dan duit..tapi yg paling ngenes sih beha gue yg diambil itu pemberian mantan gue sebelumnya. (Waduh, risiko Beha yang Tertukar ini…)
  • cuma buat ngucapin selamat ulang tahun aja sih. Ngga pengen temenan juga. Cuma pengen nunjukin kalo gue lebih dewasa dan masalah putus waktu itu udah ngga ngefek buat gue.
  • sekarang mah udah jadi temen biasa. EH TAPI PACAR BARUNYA INSEKYOH AMAT GUE HIH!
  • utang tupperware gw belom lunasss ๐Ÿ˜ฆ (BANYAK AMAT SIH AGEN TUPPERWARE DI SINI….)
  • we belong in the same circle of friend
  • Mantan minta nr rekening buat bayar utang, tapi gw tolak bilang gw ga butuh dibalikin. Sekarang pas gw lg BU nyesel, kenapa sok gengsi2an segala.. (Lagian urusan utang pake gengsi)
  • abisnya dia sering komenin status BBM gue atau kalo gue ganti DP! dasar caper!
  • dia suka curhat tentang pacarnya yg sekarang. *penderitaan*
  • Dia tuh yang ngubungi, katanya mau ngasi hanbok dari korea, waktu pacaran aja dulu sampe bulanan gue nunggu ngga dikirim, sekarang udah putus dianya yang heboh, gue ngga mau lagi hanboknya, pengen gue masukin ke musium, musium apa yang nerima sumbangan hanbok om? (pembaca lain ada yang mau hanbok? Apa sih hanbok?)
  • out of the blue, dia sms basa basi dan blg mau nikah akhir taun ini sama selingkuhannya dulu pas masih sm gue. Dan apparently, gue yg pertama dikasih tau. Apeu banget min! Esmosih!
  • klo pacar lg ketauan centil2 sm cewe laen biasanya gw bls dendam dgn cara centil2 sm mantan (Widiw!)
  • krn mantannya berubah jd gay so he’s a girl’s best friend.. :)) (Habis pacaran sama elu dia berubah jadi gay?! Diapain sama elu sih?)
  • soalnya HDD gw yg isinya full film2 donlotan dipinjem dan belum dibalik-balikin juga. kamfreettt.. (Wah sial, padahal donlot kan lama ya)
  • lha org keluarga dia sama keluarga gw berhubungan.. -.-
  • MANTAN GUE ITU KLIEN PROYEKTIF JADI GIMANA DONG? (apaan sih ‘klien proyektif’?)
  • karena pacar yg skarang gak sebaik mantan ๐Ÿ˜ฅ (Wah, bahaya nih….)
  • sama salah satu mantan pernah jadian 2x yg mana klo kita balik ke-3 kalinya bakal dapet panci, nah he became one of my best friend forever. even after each of us got married with other people. (BODOH KAMU! Dapetin dulu pancinya, baru putus lagi!)
  • kalo kepaksa ketemu aja om, misal lg reunian kelas…………… ato reunian geng.. *jangan pacaran satu geng om, jangan!* (Tuh adik2, dengarkan!)

Yang gw kagum, ternyata banyak yang tetap bisa berteman dengan mantan. Jika sebelum pacaran statusnya teman, ternyata sesudah putus banyak yang kembali menjadi teman. Banyak juga yang berhubungan sebatas formalitas saja (ucapan hari raya atau ulang tahun). Yang bahaya yang masih membandingkan dengan pasangan yang baru nih!

Dengan CARA APAKAH kamu berhubungan dengan mantan?

ChartExport10

Chatting (BBM, WhatsApp, Line, dll) adalah medium berhubungan dengan mantan yang paling populer (68.7%). Disusul SMS (30.6%). Ternyata “bertemu langsung” juga cukup populer, dipilih seperlima responden. Status atau “kode” yang ditaruh di status BBM/FB/Twitter ternyata juga cukup diandalkan untuk mengirim pesan pada mantan (20.4%).

Beberapa cara lainnya (dari jawaban open-ended):

  • pake sandi asap min.. (aku bakar2 di sebelah rumahnya) (guyur ya!)
  • Lewat EMAKnya ! Udeeehhh ya susah susaaaahh ngedeketin keluarganya dan ngenalin ke keluarga guee eeehh diputusin gegara dia bilang ga tahan LDR !! (Padahal jaraknya cibubur-kebon jeruk, cih !) (Woy, Cibubur-Kebon Jeruk jauh nyet! Nyoba nyetir pakai mobil manual1 *esmosi*)
  • lewat mimpi. di mimpi kita ngobrol gituuu
  • surat tanpa perangko..dilempar ke garasi gw pagi2 subuh pas semua orang lg tidur..doi ga nulis nama..tp gw inget tulisan tangannya..trus gw bbm buat mastiin..ternyata emang dia..isi suratnya ngajak ketemu…*maap kepanjangan*
  • bermoduskan kirim heart atau clover LINEPOP atau PAKA PONG juga bisa loh hahak
  • percaya gak percaya ya…tapi ada kontak batin diantara kami…kita tau aja kalo salah satu pihak pingin ketemu atau lagi kangen tiba tiba (Gw gak percaya sih….)

Apakah kamu masih MENCARI INFORMASI tentang mantan?

ChartExport11

Kira-kira separuh responden mengakui masih mencari tahu soal mantan. Mereka mencari tahu informasi mantan melalui berbagai cara sebagai berikut:

ChartExport12

Metode terbanyak menggali info tentang mantan adalah melalui Twitter (66%), disusul Facebook (56.2%). Ada 4.6% orang yang mengaku menghack akun email mantannya (high-tech juga nih). Beberapa cara lain mencari informasi mantan adalah (dari open-ended):

  • dari anaknya ๐Ÿ˜
  • kepoin temen temennya
  • tanya ke dia langsung lah
  • ngestalk tuiter pacarnya, mana pacarnya sering showoff lg, poto berdua aja ditwitpic, HIH, NORAK,,
  • LinkedIn… akhirnya dr CV itu gw tau doi sekarang jobless. Cih. Rasain!!
  • STATUS BBM! POST DI GRUP BBM! ETDAH MASA GA ADA PILIHANNYA? (Iye…iye, admin kan bisa khilaf juga. Hiks)
  • berhubung dia ngga punya akun twitter atau path dan facebooknya di-update tiap satu dasawarsa sekali, jadi gue suka liat-liat akun twitter adiknya dan nanya temen gue yang tetanggaan sama dia. hehehe
  • penerawangan mata batin…gw percaya kita saling terkoneksi satu sama lain (Yang jaga lilin siapa?)
  • Ngecek blog sama tumblr-nya :p
  • Tiba-tiba setelah 4tahun niy yeh, bininya nyamber twitter aq OM! jadi ketahuan kan, tuy mantan sekarang sama siapa! oncom banget kan! drama pisan dah… (peran oncom di sini apa ya?)
  • Dengerin info dari one stop headline news anchor (baca: teman yg hobi mengumpulkan berita seputar kehidupan orang di sekelilingnya dan memutuskan untuk meyebarkannya dalam sudut pandangnya dan terkadang dapat terkesan sedikit heboh ataupun negative assuming).
  • pake web kepegawaian kantor om kan pegawai kantorku diseluruh indonesia ada disitu (Buset, penyalahgunaan fasilitas kantor neh)
  • Tanyain ke pacarnya yang baru,. Sebagai mantan yang baik harus menjalin hubungan dengan pacar baru dari si mantan. Ntar klo dia putus, kita bisa bikin Ikatan mantan si mr x wkwkwkkkk (gw kasian sih sama kalian….)
  • kadang tuhan baek hati.. ada aja yg kasih kabar jelek tentang si mantan di pangkuan gw… padahal gw ud gak usaha cari tau.. tapi tetiba ada kabar, trus gw kepikiran.. trus jadi kepo… eh itu apakah artinya tuhan baik hati? (Kira2 menurut elu Tuhan gak punya kerjaan laen selain update mantan orang gak?)

Apakah kamu masih menyimpan BARANG MANTAN?

ChartExport13

55% responden masih menyimpan barang dari responden. Barang2 apakah itu?

ChartExport14

Benda terbanyak yang disimpan oleh responden adalah foto (58.7%), surat fisik (kertas) sebanyak 24%, chat history (23.6%), e-mail (19%), dll. Ada 4.3% yang menyimpan kutang/bra milik mantan (semoga dicuci). Benda-benda lainnya adalah (dari jawaban open-ended):

  • Boneka (Btw BANYAK BANGET yang menjawab ini. Cowok2 pada gak kreatif neh!!)
  • Baju (ini juga banyak)
  • seikat rambut dia om. *ceritanya psycho suka pelet*
  • Dompet roxy IYA JAMAN SMP KELAS 1 (Cih, pake Roxy)
  • hadiah ultah berupa badge militer & mainan pesawat.
  • semua kado dari dia masih aku simpeeeennn..
  • fotokopi ijazah hahahaha (Mau elu apain…)
  • Janji Palsu, Kak ๐Ÿ˜ฆ (ya ya….)
  • boneka, lilin bekas anniversary, permen lolipop, kolase foto yg dibikin pas gw ultah msh terpampang nyata di kamar, kipas dr nyokapnya
  • handphone dia banyak di aku om..udah gue kasi gratis ke orang2.. (mantan elu engko2 hape ya?)
  • GANTUNGAN KUNCI, COKLAT, MILK TEA SACHET OLEH OLEH SEMUA TERBUNGKUS RAPI DALAM LEMARI ES YANG DINGINNYA SE DINGIN HATIKU OM (KURANG KERJAAN BANGET SIH LOE)
  • baju dari dia, soalnya bagus, sayang kalo dibuang, dikembaliin ke dia juga buat apa kan?
  • Tiket kreta api pp, tiket busway, tiket KRL, tiket kopaja (ada?) (mantannya kondektur kah?)
  • origami burung2an 26 biji di dalem toples!!
  • jaket dia yg ketinggalan mas, kaga gw balikin soalnya enak dipake dan mahaaal hahahaha
  • tiap taun dia pulang ke indonesia….dia selalu bawain gue cd2 lagu kesukaan gue….mungkin itu strategi dia…supaya gue ga bisa lupain dia….AKU CUMA MAU CINCIN OOOOOM….WEDDING RIIIING…. (cincin Sauron aja dulu?)
  • kunci mobil, terahir berantem karena frekwensi kelayapannya over limit. mangkanya gw sembunyiin… sampe sekarang masih kebawa. in case gw lg butuh duit, lumayan juga kan *nyengir setan*..
  • Pashmina buat belajar tutorial hijab, lagi trend om ๐Ÿ˜›
  • Roti pemberian doi yang tak kuhabiskan dalam waktu semalam.. ๐Ÿ˜ฅ (ati-ati jamuran)
  • cincin tunangaaaaannnn
  • ID sama password semua account nya! lumayan buat iseng ngehack (makanya pembaca, pacaran jangan bagi2 password!)
  • Celana dalam Min. Stok sih sebenernya, buat jaga2 kali aja pas ketemuan celana dalam dia ga sengaja kesobek. Hihihi…
  • behel, karna masih dipake sampe sekarang (baru denger gw pacar ngasih behel….)
  • lingerie yang gw kasih ke mantan dibalikin lagi oomโ€ฆgw cowo buat apaan coba? (Coba aja dulu, kali elu cakep pake itu….)
  • globe, dulu bermimpi keliling dunia bareng ๐Ÿ˜ฅ
  • video ketika berhubungan badan!! (Wah, ati2…elu bisa berubah jadi penyanyi band)\
  • saputangan, daster (ini daster dari bali kado dari mantan, enak banget bahannya om), kolor (plis jgn diekspos yg satu ini ya om) ๐Ÿ˜ฅ (Janji gak akan ge ekspos…)
  • jam tangan harga 30 rebu. tolong yang ini jangan dipublikasi ya om. ^^ (okesip)
  • kutang butek yang dia pake waktu minta maaf sama gue dibawah guyuran hujan.. bertuliskan maafkan aku sayang… aaaaaaakkkkk *jedukin kepala ke dada om piring* (EEwwww……gw gak mau kena kutang butek itu!!!)
  • Apa sih tu namanya? Bando yg ada telinga hewannya. Unyuuu kaaan?? NAJIS
  • Jam tangan hadiah ultah dari dia buat gue…Mau gw balikin sayang, mahal gitu dulu dia nabung gajinya 4 bulan buat beliin gue jam itu (huuaaa…jd flashback! *nangiskejer*) (Eh nama mantannya bukan Fathanah kan?)
  • karna gw suka bgt pake kaos dia kl lg nginep di tempatnya, jd ada 1 kaos dia yg masi suka gw pake kalo lg kangen. *curiganya malem ini tidur pake kaos ituuuuuu*
  • A love letter about 7 moments he love about me. Suka baca2 ulang sampe nangis lagi. Katanya cinta tapi kok selingkuh! Tau gitu gw juga kan bisa selingkuh ๐Ÿ˜ฆ
  • cd album maliq and the essentials yg pertama. abisan sayang kalo dibuang, udah gratis lagu2 di lagu itu enak semua (Elu rip dulu, baru CD-nya dibuang. Beres!)
  • kunci apartemen, kunci mobil, jersey mantan
  • mmm.. weird items on one of those 1 dollar stores

Apakah kamu masih menyimpan HARAPAN untuk KEMBALI kepada mantan?

ChartExport15

Ternyata mayoritas responden, hampir 3/4 mengaku sudah tidak menyimpan harapan untuk kembali ke mantan, karena telah memulai lembaran baru. Ada sekitar 21% yang masih menyimpan harapan, dan 4.7% berharap akan balikan selama hayat masih dikandung badan (lebay banget sih loe? Eh gw juga yang bikin pilihannya ya?)

Jika kamu berpapasan dengan mantan di tempat umum, bagaimana reaksi kamu?

ChartExport16

Hampir separuh (46%) mengaku akan tetap menghampiri dan menyapa dengan ramah. 13.8% akan pura-pura amnesia dan tidak mengenalnya. 14.4% segera melakukan manuver penghindaran (melompat dari eskalator, nyebur got, dll). Hanya 1.9% yang akan mencari benda keras terdekat untuk menggampar si mantan. 2.4% akan menjerit “COPET!”. Lainnya adalah (dari jawaba open-ended):

  • lewat dengan diiringi hembusan angin dramatis kek Raline Shah di iklan Pantene (Siapa yang ngipasin?)
  • Mengambil benda keras terdekat dan menghantamnya. Kemudian berujar “Ups! Sorry. Salah orang”
  • Gandeng cowok terdekat yang kebetulan lewat…sukur2 ganteng dan bisa digebet
  • Nyapa “Eh XXX kok ke mall bawa cetakan tumpeng?” [tunjuk pacar barunya] (Hanjir, jahat banget nih)
  • muter jalan sejauh mungkin. kalo misalnya ga sengaja ketemuan di daerah pondok indah, gue bakal muter ke daerah kupang. masih ada rasa besalah masalahnya hehehe….. #nunduk
  • Meludah. Cih. (Jorok loe ah)
  • MALU MALU KUCING, langsung banyak pikiran “duh mestinya tadi pake baju yg lebih bagus!” “mestinya tadi pake make up cantik2!” “keliatan gendutan gak ya??” dll… :)))
  • Cipika cipiki cium tempat lain jg terus cari ruangan janitor bareng (Terus ngepel mall bareng?)
  • Nyamar jadi tembok min.
  • Alih fungsikan hijab jadi cadar, berkamuflase
  • Nyesel kan lu nikah muda, suami lo ga punya gen kembar ky gue lg,hha *eat that shit
  • Langsung peluk sambil nangis dan teriak “TANGGUNG JAWAB MAAAAAS!”
  • just smile, no prob. am happily married now. ha!
  • gandeng cowok orang biar dia yang lompat dari eskalator (JENIUS!!)
  • make up setebel2nya biar cantik dan dia menyesal kemudian mengais2 di kaki gur MUAHAHAHAHAHA (elu bakal make-upan di depan dia? Kan ceritanya papasan?)
  • Pura2 jadi spb (sales promotion boy)
  • haaaai! apa kabar bini gila lo???
  • cari cewenya yg sekarang trus salaman sambil bilang “gimana bekasan gw? masi legit?? eniwei, dulu cowo lo doyan cowo jg lho..selamat aja daah, bye”
  • pura-pura mati ๐Ÿ˜
  • Stay cool seolah tidak terjadi apa-apa, sewajarnya aja kayak ketemu temen.. TAPI HATI BERGELORA!!!
  • Keluarin Mantra Patronus! Dia itu dementor, Bang! Dementor!
  • baca ayat kursi, yasin, dan doa2 supaya berhenti menghantui gue
  • Kalau berpapasan dengan mantan sedangkan mantan bawa gandengan, ya… Gua bakal langsung tancap gas, balik badan atau masuk counter baju, sembunyi di dalam kamar ganti. Trus nangis dipojokan.
  • kalau ini tergantung. klo ketemunya pas dia lg sendirian ฤŸw bakalan say hi, peluk, cipikacipiki. tp klo sm cewenya sih, ฤŸw bakalan ambil benda keras terdekat dan menghantam cewenya. Iya. ฤŸw sebel banget sama cewenya. cewe rebek. berani nyolot ama ฤŸw sih om. #lha
  • Kalo kebetulan lg bw keponakan samperin mantan ngaku2 ini anak kandungnya trus biar ngrasa bersalah si mantan, pake insto biar sedikit drama.
  • remas pantatnya om
  • berhenti di tempat. tatap2an dgn mantan dalam diam. kamera berputar menyorot dr segala arah. backsound nya lagu lee seung gi. (Kebanyakan nonton Korea deh loe)
  • kalo gak sengaja ketemunya pas di hotel, ya mending gw ajak sekamar lah om XD (Astaga….*mengelus dada orang lain*)
  • langsung masuk Jaeger bareng my ganteng Raleigh, trus hancurin tuy mall#tsaah!
  • sliding tackle (apa2an sih ini….)
  • Kalau sama cowonya/selingkuhanya (yg rebut tunangan) mau aye take down trus di ground and pound ampe g bermuka lagi
  • Pengen nya sih menghindar tapi ya klo uda ketemuan di sapa aja. Tpi kalo pas ketemuan trus dia lagi jalan ama monyet barunya..wah bisa seneng bgt tuh dia… Soalnya gw smpe skrg msh jomblo mas.. Pengen nya sih kalo moment kyk gtu jdi gw mau blg aja gini: “nemu di kebun binatang mana nih?”
  • Lepas kacamata. SEMUA BURAM…BURAAAAMM…*tau-tau kepentok tiang* (………)
  • karena gw hidup di zaman adanya smartphone,jadi klo liat mantan langsung pegang hapeโ€ฆpura” sibuk,padahal update Twitter “anying mantan makin yahud aje” (hahaha!)
  • senyum simpul menunjukkan ekspresi “nyesel lo nyia-nyiain gue?”
  • Teriak ” ini janin di kandunganku milikmu maaaasss!!”
  • dulu sih d imel putusnya (iya gw diputusin pake sms, cih) dy bersedia gw ludahin klo misalnya ketemu. tapi kan gw cewek baik2 yg g ngeludah sembarang tempat, jd mending gw lempar piso deh…
  • Gandeng suami yg erat, sambil menatap dengan pandangan laki-gue-sekarang-lebih-kece-dan-tajir-daripada-elo

Adakah pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada mantan?

Karena banyaknya pesan (ada 1,800 lebih pesan yang disampaikan, gilaaaa!), maka gw akan memuat sebagian saja:

  • Selamat ya karena Anda telah mendapatkan seorang wanita layaknya seorang psikopat ๐Ÿ™‚
  • HOOII BISA NGGAK LO BIASA AJA! GAK USAH PAKE LOCK TWITTER, BLOCK FACEBOOK GITU???
  • Please, jangan ganggu aku lagi dgn cara apapun. Aku udah bahagia sama dia. Bye!
  • kadang ada perasaan bersalah udah ngebuang kamu saat itu, dan sekarang mau minta maaf aja susah banget.
  • Maaf ya diputusin, soalnya gw mau cowo kaya om piring aja :p (Kok gw terseret2??)
  • MAMAM TUH YAYAAAAAAANG !! SOK2AN SELINGKUH YAYANG2AN AKIRNYA SENDIRINYA DISELINGKUHIN !! MUAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAHAHHAHAHAHAAA !!
  • Kenapa sih kudu punya cewek yg namanya sama kayak gueeeee? Kagak kreatip amat! Ogah gue disamasamain!
  • Om, piring aku mantanmuuuuu. inget kan? yg jualan ayam? (HAH YANG MANA YA?)
  • Sorry ya ternyata cewek yang aku comblangin ke km ternyata lebih parah dari aku. Asli dari lubuk hati terdalam niatku baik. Biar ada yang bisa merhatiin kamu. Apa boleh buat kenyataan berkata lain ya :’)
  • Balikin Jersey MU sama handuk merah gw! Gw bukan ga rela, tapi ga tega sm suami lo kl tahu itu dari gue, mhuahahahahaha
  • Terimakasih kepada Allah SWT, orangtua, fans, dan orang-orang di sekitar saya. Berkat mereka saya bisa mendapat piala ini. EH INI ACARA APAAN, SIK? (*Gampar pake trophy Panasonic Award*)
  • Pindah agama yuk. Yuk. Yuk.
  • SEMOGA PACARMU YANG SEKARANG BAU KETEK MELEBIHI AKU. SEMOGA HIDUPMU TIDAK BAHAGIA DAN KALIAN PUTUS DI TENGAH JALAN TOL (Hey, jangan mengganggu fasilitas publik dong)
  • 1. You. Have. To. Learn. How. To. Became. A. Man! 2. I know ur life is kinda a hard, but you should believe there’s a lot of happiness and kindness in this world. So stop being a negative person and start to trust people for their love ๐Ÿ™‚ 3. I know I scared you, but u should now that because I feel being myself when I’m with you. You make me comfortable in a weird way…hiks 4. Whatever happens between us, thank you for giving me a lesson to learn and despite what others think about you, I always know you will be achieve your goals & dream. You have to more trust yourself ๐Ÿ™‚ 5. I’m sorry I already delete you from the BB contact. For our own goodness :’) (Kasih tau mantannya pake WhatsApp aja)
  • Gimana? Enak jamanku tho?
  • PLIS BALIKAN YUK SAMA GUEEEEEE *berharap dia baca min* (dia mudah2an punya feeling kalo ini dr gue dan buat dia hehehe)
  • Kan aku udah bilang kita ini nggak pacaran, kok kamu nyebarin ke orang2 kita jadian sih? Terus selama ‘pacaran’ kok kamu main game aja sih? Kapan sms aku? Terus waktu sahabat kamu bilang dia suka aku kok kamu ga bilang ke dia kalo kita ‘pacaran’ sih? Kenapa setiap ada cowo yang ngedeketin aku kamu ga berusaha ngapa2in? Kenapa setelah akhirnya ‘putus’ kamu nembak cewe itu? Iya, cewe yang ngefitnah aku macem2 ke semua orang. Cewe yang nganggep aku masih ngejar2 kamu sampe sekarang. Cewe yang ngata2in aku macem2, sampe ngancem malah. Cewe yang bikin kamu BERUBAH anak soleh ke anak hopeless. Huft. Oke, mungkin aku masih suka sama kamu, tapi aku ga pernah nyoba buat ngeganggu hubungan kamu sama cewe itu. Terserah kamu mau mikir yang macem2 atau gimana juga. Jujur, sampai sekarang aku masih suka sama kamu, cuma aku kecewa sama kamu yang sekarang. Waktu kamu sama aku, walaupun kamu cuek, cupu dsbg kamu ga pernah berantem bahkan ngatain cewe (baca:aku) kaya sekarang. Entah kemana kamu yang dulu. Tapi masa lalu ya masa lalu. Mungkin dulu waktu kita masih ‘pacaran’ aku banyak salah juga. Tapi kamu ga pernah tegas sama hubungan kita, aku bingung waktu itu, kalo terus sama kamu ngegantung terus, sama orang lain ga bisa. Aku harap walaupun cuma setitik upil masih ada kamu yang baik, biar kita bisa start over again. Aku percaya kamu orang baik.
  • Cowok itu harus gantle, putusin cewek kok pas ceweknya lagi tepar di RS, via BBM pulak. Gue cuma butuh alasan, kalau lo laki, sini ketemu. Kalau cemen, pake rok aja gih. HIH (Astaga. Ngomong2, “gantle” itu apa ya? Gatel tapi gentle?)
  • GA NYESEL GUE PUTUS SAMA LO COWOK DRAMA YG INSECURE. PAKE NGEHACK FB DAN UNFOLLOW GUE PULA, SEGITU GA BISA NGELUPAIN GUE LO?
  • Gak usah nyelinap ke kamar aku terus tiba-tiba narik kaki aku pas lagi tidur, udah gitu tiba-tiba ngilang ! (Satu lagi korban The Conjuring…)
  • kalo dari dulu gay ya gak usah macarin cewe!!bikin malu aja!!
  • Beib..klo ngisi survey ini, inget 10 maret yak. Tsah! (Apaan sih 10 Maret? Pemilu?)
  • aq sih gpp kamu putusin, tapi aq akan buktikan kalo aq biSa menjadi pribadi yg lebih baik, ketika kamu kembali..PINTU ITU TIDAK AKAN PERNAH ADA !!! (Gimana kalo mantannya Doraemon?)
  • Dengan ini saya menyatakan menyesal membubuhkan nama anda di skripsi bagian “terima kasih”.
  • *notify* (karena gue baik jadi gue isi deh min yah* Hmmm, kepada elo yang telah berhasil menyakiti hati gue dengan meninggalkan gue di ibu kota yang kejam kaya ibu tiri ini… Congrats yah udah berbuat itu semua… karena, dengan elu berbuat itu semua. akhirnya gue tahu kalau LO itu hanya seorang “BANCI” yang tifdak bertanggungjawab…. Sekian dan terima Ampau Lebaran… Thanks juga buat mimin yang udah mau nampung keluh kesah gue *tsaaahhh* yang lebay dan alay ini *lah*… ini rahasia loh min untuk kita berdua aja *kedap-kedip mata*……. ๐Ÿ™‚
  • ย EH BUAT LU YAH MANTAN GUE YAH. THANKS BANGET UDAH MAU JADI MILIK GUE SELAMA 1 TAHUN-AN DAN BERKAT ELO GUE HANCUR 3 TAHUN (PADAHAL JADIAN 1 TAHUN) *Cape deh… YA UDAH GITU SEMOGA TUHAN MENGAMPUNI DOSA-DOSA ELU DENGAN MENJATUHKAN METEOR KE KOMUNITAS ELO YAH DI BANDUNG SANA (NADA SENGAK) (ABIS KESEL GUE DENGAN ELO)
  • Gila ya 7 tahun pacaran, lu putusin gua gitu aja cuma gara gara LDR yang jaraknya ga nyampe sejam kalo naik pesawat. Sinting. KARMA beneran ada monyet.
  • TERIMA KASIH BANYAK ATAS SEMUANYA, LO KEREN BGT DEH. APALAGI PAS MUTUSIN GUE LEWAT EMAIL DAN 3 HARI KEMUDIAN UDAH JADIAN LAGI SAMA CEWEK BARU. Nggak gue nggak marah kok, ini gue selow aja
  • Teruntuk mantan pertama: Plis, jangan dateng2 tiap lo ada masalah sama idup lo atau cewek terkini lo atau saat libido lo tinggi. Teruntuk mantan terakhir: selamat hepi2 sama bini lo, plis jangan serong sama lelaki (iya, laki!) ya, trus be a lil bit intimate
  • Gw ngga ngomong sama lu bukannya gw sebel ato benci. Tapi asli deh, ngeliat lu aja bikin gw ngarep apalagi ngomong. Untung kelas gw tinggal sedikit jadi kita jarang ketemu di kampus. Ada untungnya juga mantanan ama berondong.
  • HEH!!! LOE BILANG LOE GAK BISA HIDUP TANPA GW??? MANA BUKTINYA??? KOK LOE MASIH NAPAS AJA?
  • kamu apa kabar disana :’) ? tau ga si, walo kayaknya aku jarang ngapdet twiter ato pesbuk, tapi aku masih sering buka.. dan kalo ada apdetan kamu disitu, ak masih suka senyum2 sendiri loh. kamu sehat2 ya disana, aku disini ga butuh penjelasan kenapa kamu move on dg cara ga sms/ ga negur kalo ketemu dan ga ada penjelasan apa2.. cuman liat apdetan mu dan tampaknya kamu baek2 aja disana, itu aja udah cukup buat aku tau, kalo qt pisah emang yg terbaik buat kita. maaf kalo ga pernah secara langsung bilang aku (pernah) sayang sama kamu dan terima kasih buat semua perhatian/sms/telpon/ngapelnya kamu tempo dulu. dan makasih buat bikin aku tau, gimana rasanya punya mantan kayak kamu :p
  • We both were wrong. Can we give it another try? I learnt my lessons, and I promise we won’t back to where we were.
  • Teruntuk mantan teranyar gw, BALIKIN “the BIG BANG THEORY” ama “24” guweeeh, LENGKAP, GA PAKE NYICIL,GA PAKE LECET..LO PIKIR ITU SOUVENIR?? *hosh* *hosh*… Udah bang, gitu ajah…
  • Where are you now? Not that I miss you, I just want to brag about how cool is my boyfriend now. *evilsmirk*
  • KALO MAU PUTUSIN ITU SINI KETEMU LANGSUNG!! JANGAN LEWAT BBM DOANG TERUS DELCON!!!! SOK CANTIK LU KAYAK PIRING!! (WOY GW GAK CANTIK!)
  • Terima kasih atas segala kenangan indahnya.. Kalau akhirnya kita LDR-an dan ternyata kamu gak sanggup LDR kemudian minta putus, itu mungkin memang jalannya atau mungkin kamu aja yg gak mau berjuang. Untung gw gak keburu hamil waktu itu ya.. :’)
  • Itu 6 tahun yg istimewa, tapi kita udah punya hidup masing2. I just can’t wait any longer, the flame simply gone. Stop texting me you should move on. ๐Ÿ˜ฆ
  • Tolong segera balikin HDD gue. Ada yg mau pinjem lagi soalnya. Gue juga mau nyimpen film donlotan yang baru. Terima kasih om Piring atas kesempatan curcolnya.
  • HAHAHA GUE MASIH FIT SEMENTARA BENTUK LO UDAH KAYAK GITU. <— bukan capslock, ngetik sambil nahan shift biar lebih afdol.
  • Mana break up sex kita ?? Belom pernah nih!!
  • Ini laptop, ps, bb lo yg lu titipin di gw mau d gmna in ya? Gw jual aja gitu?
  • You’ll always be my beiby, ayang, darling, hance, sayang, bebey, baby, bebu, dadam, darce, dll.. :p (Darce apa ya?)
  • sekarang aku sudah 2tahun pacaran dan kamu jomblo!!! MAKAN TUH PACARMU YG NAIK CRV!!! (Gak ngerti apa salahnya CRV di sini)
  • Kenapa lo musti merit sama sahabat gueeeee ??? KENAPA nyet?? KENAPAAAA ??? T.T
  • May God forgive you. Because I won’t. And perhaps neither do all those girls, M. Exxxxx Wxxxxx (Ini namanya gw sensor dikit ya)
  • Dear kamu, iya kamu. Kenapa dulu mempermainkan hatiku? Hatiku bukanlah telur ceplok yg lebih enak kalo ada dua. Bukan
  • Eh, lo sadar diri dong! Makan gue yg bayar, belanja jg gue yg bayar! Lo tuh cm nyimpen struk doang!!! TERUS KENAPA GUE HARUS GANTI DUIT ELO?! DUIT APA?!!! (Ternyata banyak ya yang pacaran nyimpen struk)
  • KENAPA LO TINGGALIN GUA DEMI KARUNG GONI ITU HAH? KENAPA?
  • Dear kamu, semoga langeng dengan pacar barumu. Sekian banyak memori kita 6 tahun, hilang sekejab aja begitu kamu ketemu dia. Ingat, kamu yang tertawa sekarang, akan menangis kemudian. Camkan itu, hai mantan terindah! *menangis terisak-isak*
  • Woooy please jangan deket2in gue lagi! Kalau gue ramah ke lo, lo yang ke-gr-an, ntar gue dituduh php lagi. pfffth~! Move on dong, Bang. Gue aja udah ke lain hati, masa lo masih di situ2 aja. :))
  • Ah gilaaaa lo knp mau si sm personil jkt48? Ud tau ga blh pacaran masi aje nekat deketin mampus kan lo ditolak. Jamgan ningalin orang yang lo sayang lah buat orang yang lo suka. Dihujat iya disayang kagak. Bye
  • makasih ya udah bikin gw dr yang galau ababil jadi dewasa. ketemu lo itu kayak dapet jalan pintas menjadi org yg lebih baik. emang sakit (banget) rasanya, tp gw harap bukan cuma gw yg dpt benefit… tp lo juga. Makasih ya udah bisa bikin gw tau rasanya sayang seseorang. Jatuh cinta itu… anugrah. Tp jatuh cinta sama lo itu… keajaiban. Makasih (banget)! :’) Semoga bahagia sama cewe idaman lo…
  • kok kamu langgeng banget sama pacar yg sekarang. Kok kamu kalo hubungin aku kayak ga ada apa apa. Asal kamu tau aku benci sama kamu soalnya kamu bikin aku susah lupa. Aku benci sama kamu soalnya you fit me better than my favorite sweater. Tapi kamu tuh selalu bikin aku jealous, aku ga bisa!!!!! (Ah, elu harus cari toko yang lebih bagus buat beli sweater///)
  • Dear mantan, aku tau kamu udah nikah, udah cerai malah. Ingatlah bahwa yg sempurna buatmu itu cuman aku, kemanapun kamu pergi, memori ttgku telah terpatri dlm ingatanmu. Merangkaklah kembali padaku (Ini sebenarnya mantan atau murid baru lagi diopspek sih?)
  • Dear mantan gue yg udah nikah, dan ampe sekarang belum punya anak. Cuma gue yg pling ngerti siklus menstruasi lo, apal kapan waktu subur dan tidak. Jadi mau gue bantu??
  • Hei kamu berinisial IW bin AA, how you’re doing? Hope life treats you well. And tell your posesive wife that she doesn’t need to be insecure about me. Eh, doesn’t she? ๐Ÿ˜‰
  • Semoga lo penyok ketiban rantai kapal! (Hmm…gw gak kepikir nih…rantai kapal)
  • Dear, mantan ke; 1. Makasih udah belah duren gua. Selamat, lo yang pertama. 2. Sorry udah mendua dan mentiga yak. Khilaf banget, tapi enak. 3. & 4. Sorry gua ga bilang di awal kalo gua pernah sama si nomor 2 selagi sama kalian sampe harus ke-gep. Maap. 5. Lo dancer paling sampah se-Depok! Balikkin hape guah nyet! 6. Lo baik, tapi lo pasif banget. Gua capek anter jemput lo tapi lo bikinin gua minum aja ga bisa. Lo juga males nyari kerja, capek gua mulu yg bayarin lo kalo jalan. Ugh. Bye bye. 7. Lo sampahnya sampah. Bukan karena lo tinggal deket bantar gebang tapi karena otak lo isinya sampah, no wonder kaki lo bau. 8. Lo yg pertama bikin puasa gua batal. (Ayo paguyuban dancer se-Depok, buktikan ada yang lebih sampah dari mantannya!)
  • Cuma gara2 gw belom mapan, lantas elo milih kawin ama dia yg bangkotan. Gw akan buktikan & bikin elo menyesal udh ninggalin gw..
  • tampang mu …. makin hari makin cakep mirip kambing kurban :’)
  • Selamat menikmati penyesalan, Ntan. Aku sekarang langsing, tambah cantik, dan tidak selemot dulu (Bisa gak selemot dulu rahasianya apa? Cerebrovit?)
  • Dear mantan, tega yah nyakitin orang yg sayang kamu banget. Dulu2 ngeluh gajinya gak cukup, ditransferin eh ternyata dipake buat makan bareng selingkuhan. Coba bilang drdl mau selingkuh, kan kita bisa sama2 selingkuh. Trus yg bikin ga ridho mah dia gak lebih oke dari gw, jablay banget sih sampe kardus rongsokanpun diembat. Gw kecewaaaaa, kirain kamu pantes gw banggain 4 tahun ini, ternyata cetek yah kalah sama jarak dan kardus rongsokan. Besok2 kalo udah melek, datang ke gw aja, gw pasti bakal tertertawa terbahak2 lalu kenalin calon suami gw ke lu pemilih kardus rongsokan :p (Secara penggunaan bahasa resmi, kata ‘rongsokan’ jarang digunakan bersama ‘kardus’….)
  • APA SIH CANTIKNYA MITHA. Iya sih dia cantik, iya sih dia main basket, iya sih dia suka drama Korea. Tapi terus kan gak berarti langsung ninggalin. PRET. (Share dong fotonya Mitha….)
  • PLEASE DEH! NGK USAH KE GANTENGAN!! LO PIKIR DI DUNIA INI LO AJA LAKI2 YANG BISA BIKIN GW BAHAGIA!!! GW UDAH NIKAH TUH BUKTINYA! PREEEEEEET!!!!! (Udah nikah bukan jaminan bahagia lho mbak)
  • Coba dengerin lagu nya sheila on 7 – Yang Terlewatkan sama Bruno Mars – When i was your man!! Lo jg om tolong dengerin yak.. Kata hati gw banget tuh.. Donlod di iTunes!! Jangan lupa om,, donlod yak!! Okey om,, gw boarding dulu deh.. X)) (Sori ya, gw udah beli resmi di iTunes store….)
  • um… remember how hard I fucked you? ๐Ÿ˜€
  • Aku ngga milih terlahir di suku apa,seandainya aku bisa pindah suku biar bisa lanjut sama kamu
  • Mas K disana.. Aku tau walaupun kamu sekarang sudah menjadi polisi yang udah 2x naik pangkat (yg slalu kamu gembar-gemborkan).. Punya mobil dan rumah sendiri.. Tapi aku tak sanggup kembali ke pelukanmu, mas.. Maaf… Hiks
  • Kenapa kita harus putus sebelum papa kamu naik pangkat sih? Kita kan belum pergi ke Bali ๐Ÿ˜ฅ restoran steak juga belum lima kali kita nikmati ๐Ÿ˜ฅ (Yang diincer sebenarnya siapa sih)
  • Meski pas putus sakit banget berbulan2, dan agak gondok juga pas aku tau kamu ternyata nikah ama kecengan pertama kamu, but it’s fine, karena kamu ternyata botak separo sekarang (kerenmu itu hanya tinggal sejarah, cong!!) HAHAHAHAHA
  • Jangan mentang2 gue belom punya pacar artinya belon move on dari lo yeee. Ga usah geer. Some people really is at peace when they’re alone.

Sejujurnya gw heran sih. Di pilihan berganda pertanyaan sebelumnya hampir separuh bilang akan menyapa dengan ramah jika berpapasan. Tetapi ketika diberi kesempatan menuliskan pesan, kenapa isinya banyak marah2 ya? Artinya perilaku kita saat berhadapan langsung ternyata berbeda dengan apa yang dirasa di lubuk hati (dan lubuk2 lainnya. Sebenarnya arti ‘lubuk’ apa sih?)

Profil responden

ChartExport17

Lebih dari 2/3 responden adalah wanita. Ini penting diketahui karena artinya angka-angka di temuan di atas bias ke wanita. 3.2% masih menunggu keputusan pemerintah untuk kepastian jenis kelamin mereka

ChartExport18

Mayoritas responden (90%) berada di usia 19-35 tahun. Ini juga mungkin lebih merefleksikan profil follower akun @newsplatter.

ChartExport19

Seperempat responden mendeskripsikan fisik mereka sebagai ‘sedang’, kurus 9.4%, gemuk unyu 9.9%. Ada 15% yang pede merasa diri mereka seksi kayak L-Men atau Gitar Bang Haji. 40.9% memilih untuk mengomel ‘APA SIH HUBUNGAN PERTANYAAN INI DENGAN MANTAN?’. Deskripsi2 lain dari jawaban open-ended:

  • hm…hm…kayak…kayak…*menatap bintang di langit* ah! kayak emma stone gitu deh…rambutnya doang sik tapi
  • kurus, soalnya dia suka cowok kurus-kurus. Mantan & suaminya dia yang sekarang juga kurus ๐Ÿ˜
  • om tau chris hemsworth? nah. saya kebetulan gatau om. tapi tetangga saya, ceu neneng sering om ngomongin dia. rumpik deh dia om. abang saya nih ya om, suka digodain om. padahal ya om, beda 15 taun om. hih. kan serem ya…
  • gue pengen ngaku ndut bang, tapi kok temen temen bilang aku tuh chubby gemesin gituu *digampar
  • Gue sodaraan sama Pevita Pearce jadi ya lo kira-kira aja…
  • I know I’m hot tapi IYA BENER APA SIH HUBUNGAN PERTANYAAN INI SAMA MANTAN? GW HOT TETEP AJA DITINGGAL MANTAN, MAS!!!! (Mungkin elu hot-nya karena tipus? Udah ke dokter?)
  • Dari dada keatas boleh lah mirip model Lmen, dari dada kebawah hmmm
  • Mulus om, baru tangan pertama.. (LOL!!!)
  • fisik gue kalah oke sih sama selingkuhannya.tapi otak gue menang dikit lah.paling ga gue masih ada otak ga tidur ama cowok orang
  • menyusui dan lagi hamil anak kembar, jd jgn tanya bentuk badan!!! camkan ituuu!!!! *slepetkutangmenyusui* (Eh iya, maaf mbak)
  • Pas 25 th kebawah msh berasa memukau pria om. Sekarang mau masuk 28, dokter kecantikan ud angkat tangan smua om ๐Ÿ˜ฆ (hanya dalam 3 tahun??)
  • L men itu susu bukan bentuk badan kalee (AH ELU ENGGRIESNYA PAYAH. L-MEN, ARTINYA PRIA2 L. BENER DONG GW?!)
  • arab punya barang bang. (Wah ane suka)
  • Fisik gue gak ada apa-apanya dibanding rasa sayang gue ke mantan, oom .. Buat gue mantan adalah segalanya, dalam darah gue mengalir nama mantan, makanya gue gak pernah mau mendonorkan darah gue, supaya dia gada dialiran darah orang lain. Pokoknya mantan gue hanya boleh jadi milik gue!!!!!!!!!!!! (Ih, mantan jangan jadi alasan gak bisa donor darah)
  • Pasti lebih seksi seandainya dada ini lebih berisi
  • seksi : wanita berotot kayak L-Men
  • om fisik itu no 2 yg penting bodynya….
  • seperti seruling bambu (bolong2 gitu?)
  • Ditinggalin demi perempuan lain yg dadanya lebih besar! Huaaaaa.. mau operasi dada di Koreaaaaa!! (Kenapa harus di Korea? Kita harus SWASEMBADA DADA! Endonesah!)
  • serius om berat badanku turun banyak gara2 ngerasa tekanan batin sm pacar kalo lagi nyebelin . dl aku 55kg skrg 47kg … mantan aku blg km curang dl pas sm aku lg gendut. wkwkwkw bangsaaatt ya dia om ,untung udh jd mantan
  • gw sering disuruh goyang itik alias gotik sama org kantor om #eaaa #gakadarelevansinya :p (Buset itu pelecehan seks, laporin Ahok gih)
  • muka: bokap jawa nyokap manado. badan: hasil silang durian montong sama kuda laut betina.
  • APA SIH HUBUNGAN PERTANYAAN INI SAMA MANTAN? APA OM? APA? *dan gw ditegur pramugari.. Boarding euy!! x_x
  • Oom. Ini survey disponsori L-Men atau Tropicana Slim? (Nasi Padang Sederhana)

Tabulasi silang

Buat yang kurang ngerti konsep tabulasi silang, pada dasarnya adalah menggabungkan dua variabel pertanyaan untuk analisa perbandingan. Contoh, pertanyaan menyimpan benda mantan bisa di-cross dengan pertanyaan jenis kelamin, untuk melihat apakah ada perbedaan perilaku menyimpan benda mantan antara pria vs. wanita. Gitu deh sederhananya. Coba kita lihat apakah ada yg menarik….

Perbedaan antara pria dan wanita

ChartExport20

Responden pria cenderung merasa putus dengan mantan terakhir baik2/biasa saja. Wanita cenderung lebih banyak merasakan putus dengan drama, sampai drama sekelas Jaeger. Pesan buat yang cewek: makanya putus jangan terlalu drama, cowoknya gak ngerasa soalnya….

ChartExport21

Walaupun mayoritas pria dan wanita sama-sama tidak menyesali putus denan mantan terakhir, terlihat lebih banyak responden pria yang menyesal. LAKI2 MEMANG SELALU MENYESAL TERLAMBAT! HIH!

ChartExport22

Perhatikan bahwa jumlah responden wanita yang menyumpahi mantannya tertimpa meteor berjumlah 2x responden pria. Perempuan kalo udah benci, benci banget ya? Ngeri….

ChartExport23

Perhatikan untuk alasan berhubungan dengan mantan karena horny, jumlah responden pria hampir EMPAT KALI responden wanita, Laki2 memang bajingan semua! HIH.

ChartExport24

Soal benda mantan yang masih disimpan, lebih banyak pria menyimpan foto daripada wanita. Sebaliknya, lebih banyak wanita yang menyimpan chat history. Pelajaran buat cowok2: kalo nyepik cewek pake chatting, ati2 disave historynya :D. Oh iya, pria juga 3x lebih banyak menyimpan kutang/bra mantan daripada wanita. Kenapa ya?

ChartExport25

Soal reaksi saat berpapasan dengan mantan di mall/tempat umum lainnya, ternyata lebih banyak pria yang akan menghampiri dan menyapa dibanding wanita (58.8% vs. 41.7%). Sebaliknya, wanita yang akan pura2 amnesia seperti Jason Bourne atau melompat dari eskalator berjumlah jauh lebih banyak dari pria. Lebih banyak juga wanita yang akan mencari benda keras dan menggampar si mantan. Kesimpulan buat pria: hindari bertemu mantan di toko2 hardware, seperti Ace Hardware.

Perbedaan antar status

ChartExport26

Perhatikan bahwa putus dengan drama signifikan lebih banyak dialami responden berstatus janda/duda. Gw berasumsi bahwa proses perceraian tentunya jauh lebih drama daripada putus dari brondong biasa.

ChartExport27

Soal penyesalan putus dari mantan, Perhatikan di antara responden yang menyesal putus, lebih banyak dari responden jomblo. Ini menurut gw karena simply para jomblo belum ketemu pacar lagi aja. Kalo udah ketemu juga nanti lupa. Bener kata pepatah, “The best way to get over someone is to get under someone” (eh….)

ChartExport28

Soal perasaan terhadap mantan terakhir. Di antara mereka yang menyumpahi mantannya tertimpa meteor, yang terbanyak adalah responden duda/janda. Bercerai mungkin lebih banyak menyisakan dendam dan amarah.

ChartExport29

Soal memikirkan mantan. Lebih banyak jomblo yang memikirkan mantan sering/setiap saat dibandingkan yang sudah punya pacar/berkeluarga atau bercerai. Ayo para jomblo, satu2nya cara melupakan mantan adalah dengan menjerat korban baru!

ChartExport30

Soal frekwensi menghubungi mantan, ternyata proporsi terbesar dari yang sering menghubungi ada di antara kaum janda/duda. Penyebabnya bisa jadi karena anak, atau urusan-urusan yang masih harus dikerjakan bersama.

ChartExport31

Rasa hina masih berhubungan dengan mantan ternyata lebih banyak dirasakan kaum duda dan janda.

ChartExport32

Soal masih mencari informasi mantan, proporsi terbanyak ada di antara kaum jomblo. Begitulah kalau jomblo, bukannya mengerjakan hal berguna seperti membersihkan gorong-gorong, malah mencari informasi soal mantan. HIH!

ChartExport33

Sayang chartnya agak rusak. Tapi yang menarik adalah: yang menggunakan Facebook untuk mencari tahu soal mantan, proporsi terbesar ada di antara yang sudah menikah (70.2% di antara yang sudah menikah), sementara Twitter adalah senjata pilihan para jomblo (70.8% dari para jomblo). Kaum Janda dan duda terbagi rata antara Twitter dan FB.

ChartExport34

Soal menyimpan barang mantan, ada perbedaan menarik. Proporsi terbesar penyimpan barang mantan adalah jomblo, dan proporsi tersedikit adalah yang sudah menikah. Memang sudah sebaiknya sih, kalau menikah tidak menyimpan barang mantan. Tetapi patut dicatat bahwa masih ada sepertiga responden menikah yang menyimpan barang mantan. Proporsi penyimpan barang mantan di antara yang sudah pacaran pun relatif tinggi (56.1%).

ChartExport35

Kaum jomblo memiliki proporsi tukang ngarep balikan tertinggi di antara kaum2 lainnya. Walaupun menariknya, untuk yang hardcore balikan (selama hayat masih dikandung badan) justru ada di antara para janda/duda.

Perbedaan antar bentuk badan

ChartExport36

Mereka yang memgaku punya bada seksi ternyata memiliki proporsi tertinggi memiliki mantan lebih dari 5. Kesimpulan: untuk punya banyak mantan, milikilah body seksi!

ChartExport37

Proporsi responden yang berhubungan dengan mantan dengan alasan horny ternyata tertinggi di antara mereka yang mengaku gemuk unyu, disusul yang seksi.

ChartExport38

Soal menyimpan barang mantan, pertanya proporsi tertinggi ada di antara responden kurus. Kenapa ya? Untuk tambahan gizi kali ya?

ChartExport39

Soal reaksi saat berpapasan dengan mantan, entah mengapa lebih banyak proporsi responden seksi yang memilih amnesia dibanding bentuk tubuh lain. Yang aneh lagi, proporsi yang kurus DAN gemuk unyu yang memilih manuver menghindar lebih tinggi dari yang lain. Mungkin karena yang kurus dan gemuk unyu merasa lebih mudah bersembunyi? Responden yang seksi yang juga lebih banyak yang memilih mencari benda keras untuk menggampar mantan. Mungkin karena mereka merasa merasa fit dan body fitness?

Kesimpulan dan penutup

Berakhirlah Laporan Survey Mantan Nasional 2013. Gw harus mengakui ini adalah #SurveyNewsplatter terbesar saat ini, baik dari segi partisipasi maupun analisa data. Mengapa besar sekali animo peserta survey mantan? Mungkin karena mau diakui atau tidak, mantan TELAH menjadi bagian sejarah hidup kita. Entah itu kenangan manis seperti pisang maupun pahit kayak Panadol, mantan sudah ada di lembaran memory kita, kecuali kita amnesia beneran.

Karena eksistensi mantan tidak bisa dinafikan begitu saja dari hidup kita, maka yang diperlukan adalah KEHIDUPAN BERMANTAN YANG SEHAT. Bagaimana agar kita hidup bermantan yang sehat secara psikis dan fisik. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Ada yang memilih menutup lembaran selamanya, ada yang masih menjaga hubungan baik sebagai dengan teman, dan ada yang masih stalking. Memulai hubungan baru tampaknya adalah salah satu cara yang efektif untuk move on. Apapun itu, marilah kita hidup bersama mantan dengan damai, tidak anarkistis, dan kalau bisa bebas hutang. Apapun bentuk badan kita.

MANTAN YES, ANARKIS NO!

Sampai jumpa di #SurveyNewsplatter berikutnya! Follow @newsplatter untuk update jika ada survey baru, Yeay! ๐Ÿ˜€

PS: Beberapa pesan untuk admin:

  • Om piring untuk menpora. Perjuangkan hak2 kaum jomblo melalui program pemberdayaan pemuda pemudi jomblo. karena jomblo adalah indikator kemajuan suatu bangsa, banyaknya jomblo menunjukkan kemunduran suatu bangsa. Sekian. (OKESIP)
  • Om piring survey untuk calon ldr udah belom sih? Apa udah? (LDR udah disurvey kook, cek blog ini deh)
  • PENTING YA SURVEY TENTANG MANTAN, OM????!!!!! DAN BODOHNYA, SURVEY INI KU ISI JUGA (–,)
  • Di balik tiap wanita sukses, ada mantan yang ternyata lebih sukses.. *dan si wanita kemudian depresi, terjun dari atas jaeger*
  • Baguslah min, jadi semacam DUDU buat mantan meski terselubung. Thanks ya. Semoga pahalanya dibalas dengan rejeki. (AMIIIIN)
  • KENAPA SETIAP DIADAIN SURVEร SLALU BERTEPATAN Dร‰NGAN KANDASNYA HUBUNGAN GUE…. KENAPAAAAA???
  • Damn jadi terngiang-ngiang “setiap saat.. Seriap waktuu.. Kuingat dirimu.. Setiap saat… Setiap waktu.. Kuingin berjumpaaaa..”
  • om cariin yang kaya Om atuuuuu lagi aja cuma lebih muda gituh Om tega banget uda kawin aja, pdhl br sebentar ak polow tuiter Om, blom diapa2in uda nikah aja *masi nyesek* :”( bukunya yg kedua ya Om ditunggu, lebih tebel sama ada foto2 Om Piring gituu (ya ya….)
  • AI LAP YU PUL, OM HENRY! SUMPAH NGAKAK NGISI SURVEY-NYA! :’))))
  • Tiket pesawat lagi mahal, dan gue udah refresh beribu2 kali tetep mahal, nah gw baca timeline om piring, doi ada survey, gw lampiasin aja disni, Gila! ini H-4 lebaran, dan gw blm dapet tiket! Bisa2 kalo gw ga balik, nama gue di coret dari Kartu Keluarga *curhat
  • Om newsplatter adalah mantan terindahku!! #lah (INI SIAPA YA….)
  • Om piring.. Aku kangen fauzan ๐Ÿ˜ฆ (OOOY FAUZAN DI MANA LOE)
  • Om menurut Om kaiju paling ngeselin itu yg tipe mana sik? (Tipe ngutang Tupperware…)
  • TERUS AJA INGETIN GW SAMA MANTAN, INI BARU PULANG TARAWIH BERDOA KHUSUS BIAR LUPA MANTAN KENAPA ADA SURVEY INII? KENAPAAAAA???? *kenapa jg gw isi sih*
  • Tolong donk Min, kasih tau si dhoni, jadi laki omongan nya harus bisa dipegang! Jangan arogant, mentang2 udah sukses! Inget masa lalu lo! Ngepet! (Perasaan ini kolom pesan untuk admin deh, bukan Dhoni….)
  • JANGAN NGOMONGIN MANTAN LAGI LAH! UDAH MUAK GUE TAU GAK COWOK DI MANA2 SAMA AJA BAJING LONCAT DASAR (EH KONSISTEN DONG, COWOK ITU BAJING LONCAT ATAU BUAYA?!)
  • Om piring, udah pernah makan gulai otak kaiju? Siapa tau gilanya bisa sembuh.
  • pertahankan tatoo mu bang hendri (Ya emang susah juga yak ngapus tato. Heh nama gw “Henry”!)
  • Om piring, ikut the voice indonesia season 2 gak? (Ikut, jadi kursinya)
  • Pertanyaan terakhir jenis pertanyaan memodusi. Peduli amat kalau “memodusi” gak ada di KBBI. Semua bahasa alay jg gak ada di KBBI tapi mereka masih hidup! Mari kita sosialisasikan “memodusi” demi Indonesia yg lebih baik! (Elu pasti jomblo)
  • om piring… kalo butuh istri kedua, gue bersedia om :3 (*glek)
  • Min, kapan kacamatanya ganti ke model yg kaca muka? (Males, emang gw Spiderman?)
  • Lama banget sih om baru bikin survey lagi? (Kan sibuk ceu…)
  • HERAN YAH, KEMAREN PAS GUE LDR-AN OM NGELUARIN SURVEY LDR. SEKARANG UDAH PUTUS, OM NGELUARIN SURVEY MANTAN. KENAPA KOK BISA PAS GITU YAH OM? JANGAN JANGAN KITA……………… :”>
  • I loveeee u om piring, kaulah mantankuuuuuu!!! (kok banyak yang ngaku2 mantan gw sih?)
  • Caranya biar bisa senyum asimetris tp tetap manis gimana sih min? (Kalo senyumin orang, muka dimiringin dikit)
  • Hen, harusnya gw ga perlu isi survey ini karena gw dulu pas putus juga curhatnya sama elo. Hiks. (Eh iya ya? Ini siapa sik?)
  • Mantan itu sebenernya kecenderungan melihat akhir dari sebuah hubungan cuma dari satu sisi dan selalu cenderung ada unsur negatif dan kebencian dari pihak bercerita walaupun dibumbuin dengan kata2 “yg penting kita bahagia”. Gw berharap admin juga bahas bagaimana cara yg sehat untuk menyikapi mantan mengingat cukup banyak anak muda yg belum cukup dewasa menyikapi situasi pasca-hubungan. (Wah…. serius….)
  • Admin ga mirip George Clooney deh (PERIKSA MATA WOY)
  • Lg nunggu boarding di airport, TVnya berulang2 muterin iklan jadul A*IS, ada mimin main burung dara di situ. Ih, kan jadi inget mantan, min! Dulu…kami pernah ribut2 kecil lucu, berdebat lebih keren siapa, antara Henry Manampiring vs. @_FredFerry vs @vipertongue :)) (Lucuan gw lah!)
  • om piring ga punya adik yang available yang bisa digebet? (Nggak, gw bungsu)
  • Emm, optionalnya kurang, karena rata-rata mendeskripsikan perasaan yang jijik sama mantan atau masih sangat cita, bagaimana kalau mereka berteman? Atau memiliki hubungan yang sangat sederhana namun menarik? (SETUJU. Harus gw akui desain survey agak bias ke hubungan yang negatif. Untungnya di open-ended banyak yang memberitahu bahwa mereka tetap berteman.)
  • bangkeer lo min!! (Bangker bukannya tempat perlindungan terhadap serangan udara ya?)
  • PAK USTADZ KALO SIANG-SIANG PAS PUASA MIKIRIN MANTAN BATAL NGGAK YA? DARI JENIPER DI GEDEBAGE. (KALO DI GEDEBAGE BATAL CEU)
  • BEDEBAH KAU BURHAN! (apa lagi ini…..)
  • Udah jadi followers @newsplatter sejak 2 tahun lalu, sering buka2 blog tp ga pernah kepikiran mau ikutan SMN. Akhirnya dicoba2 deh krn iseng, om piring mmg jenius, ini survey yg paling bisa bikin menohok hati . Hehe sukses terus ya om, keep tweeting, its a pleasure for your followers ๐Ÿ™‚ (Terima kasiiiiih…..)
  • Kenapa sih om, partai peluk ngga beneran ada? I wish partai peluk is real..tahun 2014 gue bakal pilih partai peluk, om..! Ngga ada partai yang mengakomodir perasaan kita kita … (makanya doain jadi partai beneran!)
Advertisements

33 Comments »

  1. Mayoritas putus lebih dari setaun yg lalu, tapi hampir setengahnya masih jomblo semenjak mantan terakhirnya… rada ngenes mengetahuinya,

    Yah meski semoga aja yang saat ini masih sendiri bisa segera menemukan pendamping hidupnya..
    dan yang sudah punya pendamping, bisa segera melangkah ke jenjang pernikahan, dan hidup bahagia bersama pasangannya, selalu.

    Amin
    *doa di bulan ramadhan Insya Allah dikabulkan

  2. NGAKAK!
    Plis ya adek” klo skripsi jangan pernah nulis nama pacar. Nyesel bgt klo putus! Yakaleee mo kuliah lagi demi ngulang “thanks to” di skripsi :p
    Sering” ya Om Piring bikin survey nasional. 3 bulan skali kek gitu :))

    xoxo

  3. KENAPA JAWABAN OPEN OPTION GUE GAK ADA YANG DILAPORIN? LAIN KALI OGAH NGISI SURVEY OM PIRING LAGI! DUNIA INI GAK ADIL! OM PIRING RASIS! OM PIRING TEGA! OM PIRING SEMENA2! GUE KELUAR DARI ANGGOTA PARTAI PELUK. *banting piring*

  4. HAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAnjir.

  5. Wkwkwkwk…. ini kocak bin seru ! Min, ‘setiap saat setiap waktu kuingat dirimu..’ diambil dari lagu ‘Kau Yang Terindah’ – Java Jive, kaan ? Ahahaa… dapet hadiah ngga nih Min ?
    ๐Ÿ˜€

    *ok jadul*

  6. cd album maliq and the essentials yg pertama. abisan sayang kalo dibuang, udah gratis lagu2 di lagu itu enak semua

    udah gratis lagu2 di lagu itu enak semua

    Yo Dawg, jadi Maliq bikin lagu, di dalam lagu itu ada lagu yang enak semua, jadi karena lagu2 di lagu itu enak semua loe nggak mau buang album Maliq pemberian mantan -_-

  7. Oom, sumpah deh, ini survey biarpun kesannya gak penting, tapi keren banget hasilnya! Kereeeeeen! Sekeren Gypsi Danger pas ngelawan Kaiju pakai pedang! Kereeeeeen!

  8. Busyet bacanya aja sampe lebih dari se jam ini. Kadang ngakak, kadang diem keinget sama kelakukan sendiri sama mantan. Entah harus berterima kasih ato ngamuk gegara diingetin mantan sama bung piring. (manggil nya bung piring aja ye, cowo ke cowo manggil om gimana gitu –a )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s