Pemenang Cover Buku Ketiga Adalah…

Jadi ceritanya saya sedang di dalam tahap akhir penulisan buku ketiga saya, “The Alpha Girl’s Guide”. Buku ini pada dasarnya bertemakan women empowerment, dengan angle bagaimana para perempuan muda dan remaja bisa menjadikan Alpha Female sebagai inspirasi: para wanita yang cerdas, percaya diri, berprestasi, dan menjadi pemimpin di bidang dan komunitasnya.

Saat harus memilih desain cover dari beberapa desain yang diusulkan oleh Penerbit Gagas Media, terpikir ide untuk tidak memilih sendiri, tetapi meminta bantuan dari teman-teman followers di media sosial Ask.fm dan Twitter. Mari kita selesaikan secara demokrasi saja!

PhotoGrid_1445328516518

Survey dilakukan menggunakan survey online surveymonkey.com Dalam tempo kurang dari 24 jam, terkumpul 2,799 votes! Gokil sih, ini partisipasi survey tercepat yang pernah saya lakukan.

Dan siapakah pemenangnyaaaaa…….?? Ini lah hasilnya,

Chart_Q1_151021

Design no. 3 menjadi pemenang mutlak, dipilih oleh 56.2% responden, disusul oleh Design no. 1 dengan 29% responden. Design no. 2 adalah yang paling sedikit terpilih, dipilih oleh hanya 14.7% responden.

Jadi dengan ini design no. 3 resmi akan menjadi cover buku ketiga saya!

Mohon yang pilihannya menang tidak sombong, yang pilihannya kalah sportif dan tidak mengamuk membakar ban atau bra. Semua menerima hasilnya dengan legawa yaaa. 😀

Jika kita memisahkan hasil voting berdasarkan kelompok umur, ini hasilnya:

Chart_Q1_151021 (1)

Di usia di bawah 15 tahun, Design no. 1 adalah pemenangnya, walaupun sangat tipis dengan no. 3.

Yang menarik adalah Design no. 2 justru relatif lebih disukai oleh responden usia di bawah 15 tahun DAN di atas 25 tahun! (Di kedua kelompok usia ini design 2 dipilih lebih dari 20% responden). Saya bingung juga kenapa ada paradoks ini, yaitu design no. 2 disukai responden termuda dan yang tertua. Kalau disukai usia remaja saya masih bisa mengerti, tetapi kenapa yang udah “dewasa” ini suka juga ya? Hmmm, sebuah misteri… *garuk2*

Selain soal pilihan cover buku, ada beberapa pertanyaan lain yang menarik untuk juga disimak.

Jenis Kelamin

Chart_Q2_151021

88.5% responden adalah wanita. Ini memang sesuai dengan target pembaca yang diharapkan. Ada 11.5% responden pria yang ingin juga ikut memilih 🙂

Profil Usia

Chart_Q3_151021

Porsi terbesar responden datang dari usia kuliah 18-21 tahun, sebesar 43.6%, disusul usia pekerja muda 22-25 tahun sebesar 23.6%. Jika digabungkan, artinya 2 dari 3 responden berusia 18-25 tahun. Responden remaja (17 tahun ke bawah) ada 16.2%, hampir sama dengan responden di atas 25 tahun.

Ketertarikan untuk preorder

Chart_Q4_151021

Lebih dari separuh responden menyatakan tertarik untuk melakukan preorder. JANJI YAAAAAA…….

Ketertarikan pada format e-book

Chart_Q5_151021

Rupanya mayoritas responden masih lebih menyukai format cetak. 70% responden masih memilih format buku. Hanya 14.6% yang menginginkan format e-book jika tersedia.

Demikian laporan pemenang design cover buku “The Alpha Girl’s Guide”. Nantikan terus berita Preorder-nya yaaa. Mohon doa restu agar semua proses berjalan lancar!

🙂

Advertisements

Categories: Uncategorized

4 Comments »

  1. Tadi pertanyaan om kenapa di usia dewasa suka cover no. 2
    Kmrn sih saya milih yg kedua krn kaya ada nuansa2 dr kedua cover buku ompir yg sebelumnya… eh tp itu pendapat saya lho… kali aja mata sayanya rada siwer…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s