Makna Namamu, Anakku.

Untuk anakku,

Inilah makna namamu.

Namamu sederhana, mudah diucapkan, dan hanya terdiri dari 3 huruf.

(3 huruf rasanya sudah nama formal terpendek yang bisa kami orangtuamu pikirkan. Kalau 2 huruf jadinya “Po” dari Kungfu Panda!)

Dari raja terkaya, sampai rakyat jelata, semua (seharusnya) mudah menyebut namamu. Ke negara manapun kamu pergi, semoga namamu mudah diucapkan (maklum, orangtuamu orang iklan/marketing, jadi biasa memikirkan nama brand!) Makna dibalik nama pendek dan sederhana ini adalah harapan bahwa kamu kelak tumbuh mudah bergaul dengan semua orang, dari semua suku, agama, kelas sosial, pendidikan, dan latar belakang lain. Kamu bisa menjadi seseorang yang mudah menyesuaikan diri, beradaptasi dengan semua kalangan, menghormati semua, dan dihormati semua.

Dalam bahasa Hawaii, namamu bermakna “lautan” (ocean).

Karena walaupun namamu sederhana dan mudah diucapkan, tetapi semoga di baliknya terdapat kedalaman bagai lautan, dan bukan kedangkalan. Karena harapan orangtuamu adalah kamu mengejar pengetahuan sedalam-dalamnya, menghormati ilmu, kebijaksanaan, kaum cendekia dan ilmuwan. Karena kelahiranmu sendiri adalah keajaiban ilmu pengetahuan (kamu dibentuk di sebuah tabung!)

Lautan juga simbol kekuatan alam yang luar biasa. Laut adalah sumber kehidupan. Tetapi laut juga bisa menjadi kekuatan menghancurkan yang luar biasa. Ingatlah bahwa kamu mampu menghancurkan dan merusak hidup orang lain. Tidak hanya mellalui perbuatan fisik, tetapi dengan kata-kata yang jahat, fitnah, dan menyebarkan kebencian. Semoga kamu menjadi manusia yang bagaikan laut tenang pemberi kehidupan, bukan laut yang murka pembawa derita dan kesedihan.

Dalam bahasa Mandarin, namamu bermakna “kemenangan” (victory).

Hidup ini penuh persaingan. Rasanya tidak ada orangtua yang ingin melihat anaknya ‘kalah’ dalam persaingan dan perlombaan hidup. Tetapi jangan sempitkan kemenangan hidup sebagai semata mengalahkan orang lain. Karena musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri. Segala ketakutan dan keraguanmu, akan menjadi musuh yang beribu lipat lebih berat dari orang lain. Segala kebencian dan kemarahanmu, jika tak terkendalikan, menjadikanmu bagaikan laut mengamuk badai di atas.

Di atas segalanya, menanglah atas dirimu sendiri.

Dalam bahasa Burma, namamu bermakna “tak terpatahkan” (unbreakable). Saat kesulitan, angin keras menerpa hidupmu, silahkan membengkok dan merunduk, tapi jangan pernah patah. You can bend, but do not break. Kamu akan merasa hidup begitu sulit, tetapi jangan pernah asamu pudar sama sekali.

Namamu sederhana, hanya 3 huruf. Tetapi nama itu membawa makna dalam yang menjadi doa orang tuamu. Jadilah seorang pria yang tidak elitis dan diskriminatif, tetapi ramahlah dan bergaul dengan semua. Di balik kesederhanaanmu, biarlah kekayaanmu adalah ilmu yang sedalam lautan. Jadilah kuat, tak terpatahkan, bukan untuk menindas yang lebih lemah, tetapi terutama untuk menang atas dirimu sendiri.

Namamu sederhana, hanya 3 huruf. Selamat datang, Kai.

img_20161013_182815

 

Advertisements

Categories: Random Insight

10 Comments »

  1. Selamat Om Pir sama Tante Pir buat kelahiran anaknya! Semoga menjadi anak yang sesuai dengan doa Om Pir di atas. Aamiin. Ngomong-ngomong, cara manggil Kai yang bener gimana ya? Kai/Kay/Key/Ke?

  2. Nama adalah doa. Selamat ya Om Piring dan istri..selamat memasuki babak baru sebagai orangtuaaa. Baby Kai jadi piring kecil deh, tapi bukan piring tatakan kan ya…. *eh

  3. Selamat buat Om Henry dan istri atas kelahiran putra pertama ^^
    Semoga menjadi anak yang berbakti pada kedua orang tua, menjadi kebanggaan keluarga dan Indonesia.

  4. Dalam bahasa Banjar, namamu bermakna “kakek” (orang yang bijak dan dihormati). Dewasalah dalam kebijakan, jagalah kehormatan.

    Dalam bahasa Transportasi, namamu bermakna “Kereta Api Indonesia” (KAI). Ikuti rail-Nya, sampaikan kabar bahagia di setiap stasiunnya.

    Sehat dan sukses selalu, Kai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s